Jumat, 26 April 2024

Hujan Merata Diprakirakan Guyur Wilayah Jawa Timur Pada Siang sampai Sore

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan dini pada Jumat (8/4/2022).

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang, diprakirakan terjadi di sejumlah wilayah Jawa Timur, antara lain:

Pada pagi hari, cuaca diprakirakan akan cerah meskipun terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang menjelang siang hari merata di wilayah Jawa Timur.

Pada siang sampai dengan sore hari, hujan dengan intensitas sedang sampai lebat disertai petir diprakirakan mengguyur wilayah Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.

Sementara untuk Jumat malam sampai dengan Sabtu (9/4/2022) , cuaca diprakirakan akan berkabut dan terdapat potensi hujan secara merata di sebagian wilayah Jawa Timur.

BMKG Juanda juga menyampaikan peringatan dini tiga harian untuk wilayah Jawa Timur sebagai berikut:

Sementara itu, suhu udara di Jawa Timur akan berkisar 14 – 34 derajat Celcius dengan kelembapan udara 55 – 100 persen. Angin akan dominan berhembus dari Barat daya ke arah Selatan, dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Sementara itu informasi dari BMKG Maritim Perak Surabaya pada, Jumat (8/4/2022) terdapat potensi hujan ringan hingga sedang terjadi secara merata di perairan Jawa Timur.

Arah angin didominasi dari Barat daya – Barat, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian Timur dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 15 knots (28 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.25 m, Laut Jawa bagian Timur antara 0.2-1.5 m dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.75 m.

Waspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 m di Perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia Selatan Jatim. (bil/ipg)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs