Jumat, 19 April 2024

Hujan, Surabaya Kite Festival 2022 Dimulai Siang Hari

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Sejumlah layangan 3D yang mulai diterbangkan saat Surabaya Kite Festival 2022 di Long Beach Pakuwon City, Sabtu (1102022). Foto: Redhita suarasurabaya.net

Sempat diguyur hujan, ajang festival layang-layang Internasional Surabaya Kite Festival 2022 di Long Beach Pakuwon City hari ini, Sabtu (1/10/2022), dimulai siang hari. Molor dari jadwal semula, yang seharusnya pukul 10.00 WIB.

Pantauan suarasurabaya.net sejak pukul 10.00 WIB sudah terlihat persiapan para peserta, baik yang merakit layang-layangnya di dalam tenda, hingga yang melakukkan uji coba penerbangan terlebih dahulu di lapangan.

Diketahui, ada 92 peserta yang ikut dalam gelaran ini. Selain berbagai wilayah di Indonesia, juga ada dari Swedia, Polandia, Jepang, dan Singapura.

Molornya acara diduga karena agenda kegiatan yang berubah. Seharusnya giliran layang-layang dua dimensi namun diganti menjadi layang-layang tiga dimensi yang dinilai terlebih dahulu. Sementara para peserta belum siap imbas jadwal yang diubah mendadak.

“Iya ini berubah semua. Harusnya kan dua dimensi dulu, tapi diganti, jadi belum siap semua. Punya saya ada yang belum dirakit,” ujar Jarot salah satu peserta Surabaya Kite Festival 2022 saat ditemui suarasurabaya.net, Sabtu (1/10/2022).

Sekitar pukul 13.15 WIB, panitia melalui sumber suara depan tenda registrasi, mengimbau semua peserta layang-layang tiga dimensi bersiap untuk menerbangkan karyanya. Pasalnya, cuaca dinilai kondusif, setelah sekitar setengah jam sebelumnya diguyur hujan meski tidak deras.

“Ayo semua peserta silahkan merapat ke depan tenda registrasi, kita mulai terbangkan layang-layang. Penilaian layang-layang tiga dimensi dulu, baru disusul dua dimensi. Besok juga ada dua dimensi lagi,” ujar Master of Ceremony (MC).

Sementara itu, Farah Andita Ramadhani Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya saat ditemui di tenda panitia tidak membenarkan acara molor.

“Nggak ya, sesuai rilis yang kemarin saja. Nggak molor tetap sesuai jadwal kok tadi kan sebelah sini (menunjuk lapangan). Ini mau mulai,” kata Farah saat dikonfirmasi. (lta/ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs