Senin, 29 April 2024

HUT Jatim ke-77, Besok Pemprov Menggratiskan Bus Trans Jatim Seharian

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Suasana di dalam Bus Trans Jatim yang ditumpangi warga di Terminal Porong Sidoarjo, Jumat (19/8/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Jawa Timur ke-77 yang jatuh pada besok Rabu (12/10/2022),  Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim memberikan layanan Bus Trans Jatim secara gratis seharian penuh.

Khofifah mengatakan bahwa pembebasan tarif yang diberikan selama satu hari penuh ini adalah kado bagi warga Jatim untuk menikmati transportasi publik.

“Di peringatan Hari Jadi Jatim ke 77 besok, layanan Bus Trans Jatim bebas biaya selama satu hari penuh. Bagi warga Surabaya, Sidoarjo, Gresik, monggo memanfaatkan momen ini untuk jalan-jalan ataupun untuk kepentingan yang lain,” kata Gubernur Jatim, Selasa (11/10/2022).

Mantan Menteri Sosial itu menyebut, penggunaan transportasi umum Trans Jatim memiliki banyak kelebihan dan manfaat. Lebih aman dalam melakukan aktivitas, mengurangi kemacetan, serta mengurangi polusi udara.

Sebagaimana diketahui, sejak diluncurkan pada pertengahan Agustus lalu, telah ada sebanyak 22 armada bus Trans Jatim yang beroperasi.

Berangkat dari Terminal Porong Sidoarjo, bus Tras Jatim Koridor I ini beroperasi melewati Terminal Purabaya dan berakhir di Terminal Bunder Gresik. Begitu juga untuk rute sebaliknya.

Di hari-hari biasanya, Bus Trans Jatim bisa dimanfaatkan masyarakat dengan tarif yang sangat terjangkau. Untuk umum hanya Rp5.000 sedangkan untuk pelajar sekolah atau santri Rp2.500.

Khofifah mengatakan layanan gratis sehari penuh memang hanya untuk besok. Namun masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Jawa Timur Ke 77, Pemprov Jatim juga menghadirkan promo menarik.

“Sampai dengan akhir Oktober 2022, bagi penumpang bus Trans Jatim akan diberikan cashback 100 persen apabila pembayaran tiket menggunakan aplikasi TRANSJATIM – AJAIB (Aplikasi Jatim Informasi Bus),” ujarnya.

Dengan sejumlah fasilitas promo yang diberikan dalam rangka HUT Jatim Ke-77, Khofifah yakin minat masyarakat menggunakan transportasi umum Bus Jatim semakin meningkat.

Terlebih dengan fasilitas keamanan di setiap armada Bus Trans Jatim telah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang menunjang keamanan berkendara.

Seperti teknologi AI yang terpasang di beberapa komponen, yang meliputi MDVR, CCTV, driver safety monitoring (DSM), advanced driver assistance system (ADAS), indicator R-Watch, touch panel dan reverse camera.

Yang mana perangkat seperti DSM dapat memberikan driver behavior analysis untuk memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi.

Begitu juga adanya perangkat ADAS dan indikator R-Watch dapat memberikan peringatan awal jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan atau jika terjadi potensi tabrakan depan.

“Maka naik Bus Trans Jatim lebih aman, lebih hemat dan lebih ramah lingkungan. Jadi jangan ragu lagi, ayo gelorakan semangat naik angkutan umum dan nikmati promo menariknya,” pungkas Khofifah.(wld/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs