Senin, 29 April 2024

Ikatan Sarjana Komunikasi Deklarasikan Komunikasi Kebangsaan, Jaga Soliditas Sosial

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana pembacaan deklarasi komunikasi kebangsaan yang diselenggarakan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) di Surabaya, pada Senin (7/11/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) menyelenggarakan Conference International Communication (CIC) dan deklarasi komunikasi kebangsaan di Surabaya pada Senin (7/11/2022).

Dadang Rahmat Hidayat Ketua Umum ISKI, mengatakan bahwa konferensi komunikasi tersebut merupakan agenda tahunan ikatan sarjana komunikasi seluruh Indonesia.

Sedangkan, deklarasi komunikasi kebangsaan menjadi yang kedua, setelah sebelumnya pernah dilakukan pada tahun 2019.

“Deklarasi ini akan kita laksanakan di seluruh wilayah di Indonesia, dan ini adalah representasi dari wilayah Indonesia,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, yakni terdiri dari berbagai suku hingga agama, serta memiliki perkembangan informasi dan teknologi yang masif, sehingga menjadikan komunikasi di Indonesia dinamis.

Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa ISKI akan terus menekankan bahwa komunikasi adalah hak asasi manusia yang perlu dijunjung tinggi dan dihormati.

“Di Indonesia sudah sangat diatur dalam peraturan perundang-undangan sebagai hak asasi manusia,” tegasnya.

Dalam kebebasan berkomunikasi, ia berharap, bahwa siapa saja yang berkomunikasi dapat dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

“Artinya, tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Khususnya, yang berkaitan dengan hilangnya soliditas nasional, yang dengan itu juga bisa timbul berita-berita hoax,” paparnya.

Ia juga menyatakan, bahwa ISKI ingin terus berpartisipasi dengan memberi solusi komunikasi yang ada di Indonesia.

“Karena permasalahan komunikasi di Indonesia, jika gagal berkomunikasi bisa jadi gagal paham, salah paham,” ucapnya.

Oleh sebab itu, ISKI hari ini mendeklarasikan komunikasi kebangsaan, yakni sebagai pengingat semua elemen bahwa soliditas sosial harus dijaga dengan baik.

Ia berharap, dengan adanya pemahaman komunikasi yang baik, dapat memunculkan gagasan yang mencerahkan, serta menghilangkan adanya pesan-pesan hoaks.

Berikut isi Deklarasi Komunikasi Kebangsaan ISKI:

Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) dengan ini, mendeklarasikan komunikasi kebangsaan Indonesia, bahwa kami insan komunikasi Indonesia menyadari kebebasan komunikasi harus dijunjung tinggi dan dihormati sebagai hak asasi manusia.

Bahwa, kami insan komunikasi Indonesia, menyadari untuk melaksanakan kebebasan komunikasi dengan rasa penuh tanggung jawab. 

Bahwa, kami insan komunikasi Indonesia menyadari untuk mendorong Indonesia dan solidaritas sosial disertai dengan komunikasi yang berkualitas.

Bahwa, kami insan komunikasi Indonesia, menyatakan untuk mewujudkan budaya komunikasi Indonesia yang baik dan bermartabat menuju Indonesia maju, sejahtera, berkeadilan, serta harmoni bersatu dalam keberagaman.(ris/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs