Kamis, 25 April 2024

ITS Jagokan Antasena Alpha Prototipe Mobil Hidrogen di SEM Asia 2022

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur (tengah) saat peluncuran mobil prototipe Antasena Alpha ITS, Jumat (3/6/2022). Foto: Humas ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali bersiap untuk menunjukkan prestasinya di tingkat internasional, dengan berpartisipasi di ajang bergengsi mobil hemat energi Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2022 yang akan berlangsung Oktober mendatang. ITS akan bertanding dengan membawa teknologi yang tergolong baru yaitu mobil berbahan bakar hidrogen.

Dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net Sabtu (5/6/2022), salah satu persiapannya adalah pengenalan sebuah prototipe mobil baru yang dinamakan Antasena Alpha, pada Jumat (3/6/2022) kemarin. Pada acara peluncuran ini diperkenalkan fitur baru, perubahan, dan inovasi lanjutan mobil Tim Antasena ITS yang akan berlaga pada SEM 2022.

Peluncuran yang berlangsung di Gedung Pusat Robotika ITS ini, dihadiri juga oleh Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur dan Wahid Wahyudi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, serta jajaran petinggi ITS lainnya.

Emil mengungkapkan bahwa ITS merupakan salah satu universitas yang tidak pernah berhenti berinovasi. Kali ini dengan mengembangkan teknologi yang tergolong masih baru yaitu mobil berbahan bakar hidrogen.

“Inovasi ini sangat luar biasa, pemerintah Jawa Timur sangat antusias menyambut ini dan siap mendukung Tim Antasena ITS. Selamat dan sukses untuk kompetisi SEM Asia 2022,” dukungnya.

Sejalan dengan Wagub Jatim, Imam Abadi dosen pembimbing Tim Antasena ITS mengatakan,  tim yang sudah berdiri sejak tahun 2010 ini, terus mendulang prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Harapan saya, Tim Antasena ITS dengan Antasena Alpha-nya ini dapat kembali menorehkan tinta emas di berbagai kompetisi mobil hemat energi yang akan datang,” harapnya.

Tim Antasena ITS saat merakit mobil prototipe Antasena Alpha untuk test drive, Jumat (3/6/2022). Foto: Humas ITS

Sementara itu terkait ajang SEM 2022 sendiri, Geraldy Rafi sebagai General Manager Tim Antasena ITS menjelaskan, kompetisi ini akan dibagi menjadi tiga kategori energi, yaitu internal combustion, battery-electric, dan hydrogen fuel cell. Kompetisi tersebut juga akan dibagi menjadi dua kelas kendaraan, yaitu prototype, dan urban concept.

“Untuk Antasena Alpha ini akan turun pada kategori kendaraan prototype kategori energi hydrogen fuel cell,” paparnya. (bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs