Kamis, 25 April 2024

Jalur Rel yang Ambles di Cilacap, Sudah Bisa Dilewati

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Perbaikan jalur kereta api di wilayah Daop 5 Purwokerto, Sabtu (8/10/2022) pagi. Foto: Humas Daop 5 Purwokerto

Jalur rel Kereta yang ambles akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, yang membuat perjalanan kereta api lintas Selatan Jawa sempat terhambat pada Sabtu (8/10/2022) dini hari, saat ini sudah selesai dilakukan perbaikan secara sementara.

Krisbiyantoro Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto pada Radio Suara Surabaya mengatakan, perbaikan jalur rel kereta tersebut selesai pada sekitar pukul 12.25 WIB.

“Ada empat titik amblesan yang saat ini sudah selesai diperbaiki. Titiknya diantara Stasiun Jeruk Legi ke Kawung Anten. Amblesannya membuat rel seperti menggantung sehingga membahayakan kereta yang melintas kalau dipaksa dilewati dan tidak segera ditangani,” ungkapnya Sabtu Sore.

Dia menjelaskan, pola operasi pada kereta-kereta yang sempat tertahan di beberapa stasiun dilakukan secara bertahap. Kereta yang paling dekat atau terdepan dengan titik perbaikan tersebut, akan didahulukan untuk melanjutkan perjalanan.

Curah hujan yang tinggi, kata Krisbiyantoro, disinyalir jadi penyebab amblesnya kontur tanah di bawah rel kereta api yang membuat sekitar delapan perjalanan kereta api terhambat tersebut.

“Hujan 12 jam dan sempat ada aliran banjir yang melewati rel kereta api. Karena sisi utara itu tebing, tapi arah Selatannya bentuknya turunan, sehingga airnya mengalir deras dan membawa materia rel kereta api, sehingga ambles,” terangnya

Meski sudah dilakukan perbaikan, Manajer Humas Daop 5 itu menjelaskan, karena sifatnya masi perbaikan sementara maka kereta yang akan melintas sudah diimbau untuk mengurangi kecepatan mencapai lima kilometer per jam.

“Yang penting kita upayakan dulu agar kereta tetap bisa lewat dengan aman. Nanti tetap dilakukan perbaikan secara keseluruhan,” pungkasnya. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs