Sabtu, 27 April 2024

Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik Nataru Terjadi Besok

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Hari Pratama (kanan) General Manager Ruas Surabaya Gempol, saat berada di Kantor PT Jasa Marga (Persero) Tbk di Surabaya, pada Jumat (23/12/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Jelang hari raya natal dan tahun baru 2023, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus lalu lintas akan terjadi besok, Sabtu (24/12/2022).

Sementara untuk puncak lonjakan arus balik lalu lintas, diprediksi akan terjadi pada Minggu (1/1/2023).

Hari Pratama General Manager Ruas Surabaya Gempol mengatakan bahwa Jasa Marga sudah melakukan persiapan untuk mengatasi situasi tersebut.

“Untuk infrastruktur sendiri, kami menambahkan tambahan-tambahan alat, terutama untuk transaksi di gerbang tol,” ucapnya saat berada di Kantor PT Jasa Marga (Persero) Tbk di Surabaya, pada Jumat (23/12/2022).

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa Jasa Marga akan mengoperasikan seluruh gerbang dan gardu, dengan membuka 100 persen.

Selain itu, kata Hari, Jasa Marga juga akan menambahkan alat berupa mobile reader di beberapa gardu.

“Terutama di gardu utama, seperti Warugunung dan Japanan, jumlahnya cukup banyak,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa dari tujuh hari hingga empat hari sebelum natal, kendaraan yang masuk ke Surabaya melalui gerbang Warugunung atau lewat Surabaya-Mojokerto naik sebesar 25 persen.

“Sementara yang meninggalkan surabaya itu lebih sedikit, yakni sekitar 15 persen,” ungkapnya.

Sedangkan, yang meninggalkan Surabaya dari arah Kejapanan, ke arah timur dan selatan, ia menyebut naik juga sebesar 15 persen.

“Sementara yang masuk Surabaya hanya sekitar 10 persen,” ujarnya.

Dengan prediksi lonjakan arus lalu lintas itu, ia mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol, yakni dengan memastikan kendaraan dan kondisi prima, mematuhi protokol kesehatan saat berada di rest area, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs