Sabtu, 27 April 2024

Jatim Juara Umum Olimpiade Sains Nasional Tiga Tahun Berturut-turut

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Perolehan Medali Olimpiade Sains Nasional 2022, Jawa Timur juara umum tiga tahun berturut-turut. Foto: Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur.

Peserta didik asal Jawa Timur (Jatim) kembali menorehkan prestasi di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2022, yang diumumkan Jumat (7/10/2022) sore secara daring.

Kompetensi bergengsi tingkat nasional tersebut diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek), melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Para peserta didik Jatim sukses menjadi juara umum berkat 75 medali dengan rincian 15 medali emas, 28 medali perak, dan 32 medali perunggu. Atas capaian itu, Jatim selama tiga tahun terakhir berhasil mempertahankan predikat juara umum.

Peringkat kedua OSN adalah provinsi Banten dengan 34 medali, rinciannya 13 medali emas, 10 medali perak dan 11 medali perunggu.

Di peringkat ketiga Jawa Barat dengan 50 medali rinciannya 12 medali emas, 16 medali perak dan 22 medali perunggu. Posisi keempat DKI Jakarta dengan 60 medali yang terdiri dari 10 medali emas, 21 medali perak dan 29 medali perunggu, dan keempat Sumatera Utara dengan 19 medali yang terdiri dari 6 medali emas, 6 medali perak dan 7 medali perunggu.

Capaian tersebut diapresiasi Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur. Menurutnya, keberhasilan itu merupakan kerja keras semua pihak.

Khofifah juga memuji antusiasme para siswa dalam memiliki jiwa sportif-kompetitif untuk pengembangan kemampuannya dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mengukir prestasi.

Gubernur Jatim menambahkan, tahun ini Jatim sukses mempertahankan juara umum OSN. Sebelumnya, tahun 2021 Jatim meraih 83 medali dengan rincian 29 medali emas, 29 medali perak dan 28 medali perunggu. Kemudian tahun 2020 Jatim meraih 70 medali yang teridiri dari 19 medali emas, 24 perak, dan 27 perunggu.

Alhamdulillah, para anak didik Jatim kembali mengukir prestasi yang membanggakan di tingkat nasional. Jawa Timur kembali menjadi juara umum berkat semangat para siswa, para tenaga pendidik, dukungan orang tua dan Dinas Pendidikan Jawa Timur,” ujar Khofifah, Sabtu (8/10/2022), mengutip dari laman resmi Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur.

Sementara itu, Wahid Wahyudi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menjelaskan, di jenjang SMA/MA, siswa memperebutkan medali dengan 9 bidang lomba yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

Wahid juga menjelaskan proses kompetisi dimulai bulan September untuk jenjang SD dan SMP. Sedangkan, jenjang SMA/MA dilaksanakan pada 3-6 Oktober 2022 secara daring.(dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
33o
Kurs