Selasa, 23 April 2024

Jokowi akan Umumkan Penghentian Ekspor Komoditas Bahan Mentah Lain

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Presiden RI Joko Widodo (Jakowi) akan mengumumkan penghentian ekspor satu lagi komoditas bahan mentah lain, setelah sebelumnya menghentikan ekspor komoditas nikel.

“Kalau kemarin stop nikel, hari ini akan diumumkan lagi satu komoditas yang kita miliki. Setelah dari sini saya akan umumkan lagi, setop,” kata Jokowi dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia 2023, di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Jokowi mengatakan Indonesia tidak bisa terus-menerus mengekspor bahan mentah. Dia mengatakan penghentian ekspor komoditas bahan mentah akan dilakukan bertahap secara terus-menerus.

“Karena tidak bisa kita biarkan lagi ekspor bahan mentah itu, tidak. Tahun depan ada lagi, entah satu, entah dua, setop lagi,” kata Jokowi menegaskan.

Dia menegaskan penghentian ekspor bahan mentah nikel membuat Indonesia memperoleh keuntungan berlipat, dari sebelumnya 1,1 miliar dolar AS menjadi 30 miliar dolar AS, karena komoditas itu diolah lebih dulu sebagai komoditas bernilai tambah.

Jokowi mengaku tidak mempersoalkan apabila penghentian ekspor komoditas bahan mentah yang dilakukan Indonesia digugat pihak asing.

“Meskipun kita digugat nggak apa, nikel digugat, ini yang kita umumkan digugat lagi nggak apa, suruh ‘gugati’ terus. Yang kedua digugat, belum rampung, ketiga kita setop lagi. Digugat lagi nggak apa. Tugas kita adalah, sekali lagi mencari nilai tambah yang sebesar-besarnya,” kata Presiden seperti dikutip Antara. (ant/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
29o
Kurs