Kamis, 28 Maret 2024

Jokowi Bakal Tunjuk Panglima TNI Baru Akhir 2022, Mantan Kabais Dukung Yudo Margono

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Laksamana Yudo Margono Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Foto : Antara

Masa jabatan Jenderal Andika Perkasa Panglima TNI bakal berakhir pada Desember 2022 karena memasuki masa pensiun. Pergantian itu akan dilakukan secara langsung oleh Jokowi Presiden.

Selain Andika, ada tiga sosok yang juga segera pensiun yakni Laksamana Yudo Margono KSAL, Jenderal Dudung Abdurachman KSAD, dan Marsekal Fadjar Prasetyo KSAU.

Bobby Adhityo Rizaldi Anggota Komisi I DPR RI mengatakan, pemilihan Panglima TNI itu dilakukan sebelum Pemilu 2024.

Menurut Bobby, soal perpanjangan masa jabatan Andika Perkasa, Bobby meyakini Jokowi bakal memiliki rencana yang tidak bakal membuat gejolak yang tinggi. Terlebih, menjelang Pemilu 2024.

“Sampai saat ini kami masih meyakini bahwa presiden memiliki rencana yang cukup bisa membuat tidak banyak dinamika,” ujar Bobby di Jakarta, Senin (14/11/2022).

“Apalagi kan kita baru pertama kali besok 2024 itu ada perhelatan sangat besar, pilkada-nya juga dari ratusan kabupaten-kota dalam tahun yang sama,” ujarnya lagi.

Bobby menegaskan, tidak ada perbedaan di antara tiga matra tersebut dan siapapun yang bakal dipilih Presiden menggantikan Jenderal Andika merupakan sosok yang terbaik.

“Jadi siapapun pilihan Presiden karena sumbernya sudah jelas dari yang tiga ini, kami yakin pasti yang terbaik,” tegasnya.

Sementara itu, Soleman Ponto eks Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI mendukung Laksamana Yudo Margono KSAL naik menjadi panglima menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

“Dari sini tentunya kita melihat lagi, beliau, Pak Jokowi berbicara poros maritim, maka pasti untuk pengamanan, ya angkatan laut, mau tidak mau, suka tidak suka,” kata Soleman.

“Sehingga kalau angkatan laut tidak muncul tentu pertanyaan keseriusan beliau dalam poros maritim seberapa besar,” ujar Soleman.

Sebelumnya, Jokowi bakal segera memilih Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. Sebab, Andika akan memasuki masa pensiun pada Desember 2022.

“Segera, segera, kita siapkan penggantinya,” kata Jokowi di Inews Tower, Jakarta Pusat, Senin (7/11/2022).(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs