Kamis, 8 Desember 2022

Jokowi Berencana Berikan Langsung Santunan Korban Tragedi Kanjuruhan Pekan Ini

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan keterangan di KIT Batang, Jawa Tengah, Senin (3/10/2022). Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, pekan ini kemungkinan akan mengunjungi sejumlah korban kerusuhan Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sekaligus memberikan santunan.

Hal itu diungkapkan Mahfud Md Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Selasa (4/10/2022) siang, di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menurut Mahfud, Presiden sangat prihatin atas insiden di stadion sepak bola yang mengakibatkan 125 orang meninggal dunia serta ratusan orang lainnya luka-luka.

Sebagai bentuk empati dan perhatian Pemerintah, Kepala Negara akan memberikan santunan Rp50 juta per korban yang meninggal dunia kepada ahli warisnya.

“Untuk santunan Insyaallah dalam waktu satu atau dua hari ke depan Bapak Presiden akan mampir menyerahkan bantuan kepada korban sebagai bentuk simpati, empati serta perhatian Pemerintah. Mungkin hari Kamis besok Bapak Presiden mengunjungi korban, bisa di Malang atau Surabaya,” ujar Mahfud.

Sebelumnya, Menko Polhukam menyebut, bantuan dari Presiden akan disalurkan sesudah pemerintah pusat mencocokkan data korban dengan data pemerintah daerah.

Pemerintah berharap, santunan itu bisa meringankan beban ekonomi keluarga korban.

Selain santunan untuk korban meninggal dunia, Pemerintah juga menanggung penuh biaya perawatan dan pengobatan medis korban tragedi Kanjuruhan.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Kamis, 8 Desember 2022
26o
Kurs