Jumat, 29 Maret 2024

Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Kota Surakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden RI dan Mohammed bin Zayed Presiden Uni Emirat Arab meresmikan Masjid Raya Syaikh Zayed, di Kota Solo, Jaw Tengah, Senin (14/11/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden RI bersama Mohammed Bin Zayed Al Nahyan Presiden Uni Emirat Arab, pagi hari ini, Senin (14/11/2022), meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed yang ada di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Sebelum meresmikan, Jokowi dan Mohammed Bin Zayed melaksanakan Salat Sunah Tahiyatul Masjid.

Kemudian, kedua kepala negara melakukan penandatanganan prasasti sebagai tanda peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed.

Sesudah itu, Jokowi dan Mohammed Bin Zayed berkeliling bersama sambil meninjau arsitektur serta sarana dan prasarana yang ada di masjid tersebut.

Pada kesempatan itu, Presiden RI dan Presiden Uni Emirat Arab menanam Pohon Sala bersama sebagai tanda persahabatan, di halaman Plaza Utara Masjid Raya Sheikh Zayed.

Di akhir rangkaian acara, Jokowi dan Mohammed bin Zayed foto bersama para tamu dan delegasi kedua negara.

Di tempat terpisah, DR.H.Adib Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama RI menjelaskan, Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan miniatur dari Masjid Sheikh Zayed yang ada di Abu Dhabi.

Masjid tersebut dibangun di atas lahan seluas tiga hektare, dan mampu menampung sekitar 10 ribu jemaah.

Menurutnya, rumah ibadah itu merupakan hibah atau hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab untuk Presiden Republik Indonesia.

“Ini merupakan hibah atau hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab untuk Bapak Joko Widodo Presiden Republik Indonesia,” ujarnya, Senin (14/11/2022).

Nantinya, masjid dikelola Badan Pengelola Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang dibentuk pemerintah melalui Kementerian Agama, dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Agama.

Adib berharap Masjid Raya Sheikh Zayed bisa memberikan manfaat nyata untuk masyarakat Kota Solo, dan seluruh Umat Muslim di Indonesia.

“Mari kita bersama-sama memakmurkan masjid dan keberadaan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini akan menjadi ikon baru di Solo khususnya, tidak hanya sebagai pusat syiar agama, tapi juga menjadi pusat destinasi wisata religi baru di Solo khususnya dan di Jawa Tengah pada umumnya,” tandasnya.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs