Rabu, 17 April 2024

Jokowi Dukung Ombudsman RI Meningkatkan Pengawasan Pelayanan Publik

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menerima Ombudsman RI, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (12/4/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden pada Selasa (12/4/2022) siang menerima Komisioner Ombudsman Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam pertemuan itu, Ombudsman RI menyerahkan laporan tahunan 2021, serta menyampaikan agenda penting untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Indonesia.

Mokhammad Najih Ketua Ombudsman RI mengatakan, sepanjang tahun 2021, Ombudsman fokus pada sejumlah isu.

Antara lain, penyelesaian laporan masyarakat, pencegahan maladministrasi lewat survei kepatuhan pelayanan publik di tingkat daerah, kementerian/lembaga, serta pengembangan kelembagaan.

“Hasil kinerja selama 2021 terfokus kepada beberapa isu, di antaranya adalah penyelesaian laporan masyarakat, kemudian pencegahan maladministrasi lewat survei kepatuhan pelayanan publik di tingkat daerah dan kementerian/lembaga, kemudian pengembangan kelembagaan,” ujarnya.

Kemudian, Ombudsman RI juga berharap penguatan kelembagaan lewat revisi undang-undang, peraturan perundang-undangan, serta pemenuhan sarana dan prasarana.

Menurut Najih, Jokowi Presiden menyambut baik kinerja Ombudsman selama setahun terakhir, dan berharap Ombudsman meningkatkan pengawasannya.

Untuk itu, presiden mendorong Ombudsman terus bersinergi dengan lembaga negara, kementerian, dan pemerintah daerah.

Dadan Suparjo Suharmawijaya Anggota Ombudsman RI menambahkan, presiden berjanji memperhatikan dan menindaklanjuti hasil pengawasan Ombudsman.

Presiden menilai, Ombudsman sebagai lembaga negara sudah menunjukkan konsistensinya mengawasi pelayanan publik.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs