Jumat, 10 Mei 2024

Jokowi Minta Rusia Menjamin Keamanan Jalur Ekspor Pangan Ukraina

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden RI dan Vladimir Putin Presiden Rusia memberikan keterangan pers bersama usai melakukan pertemuan empat mata, Kamis (30/6/2022), di Kremlin, Rusia: Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden RI, Kamis (30/6/2022), melakukan pertemuan khusus dengan Vladimir Putin Presiden Rusia, di Istana Kremlin, Moscow.
 
Pada kesempatan itu, Jokowi berdiskusi dengan Putin, membahas terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk. Sehingga, hal itu bisa berdampak kepada ratusan juta masyarakat dunia, terutama di negara berkembang.

“Saya mendukung upaya PBB reintegrasi komoditas pangan dan pupuk Rusia dan komoditas pangan Ukraina dalam rantai pasok dunia. Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut. Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan akan memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina mau pun Rusia. Tentu ini sebuah berita yang baik,” ujar Jokowi Presiden.
 
Di akhir pernyataannya, Jokowi kembali menegaskan Indonesia tidak memiliki kepentingan apa pun dalam kunjungan ke Ukraina dan Rusia.

Mantan Wali Kota Solo itu bilang, cuma ingin melihat perang segera selesai, dan rantai pasok pangan, pupuk serta energi dapat segera berjalan normal.
 
“Saya ajak seluruh pemimpin dunia untuk bersama kembali menghidupkan semangat multilateralisme, semangat damai dan semangat kerja sama. Karena hanya dengan spirit ini perdamaian dapat dicapai,” katanya.(rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs