Sabtu, 27 April 2024

Jokowi Presiden Ajak PM Australia Berkeliling Istana Bogor Naik Sepeda Bambu

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI bersepeda bareng Anthony Albanese PM Australia, Senin (6/6/2022), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Foto: Biro Pers Setpres

Anthony Albanese Perdana Menteri (PM) Australia pada Senin (6/6/2022), melakukan kunjungan kenegaraan ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Kedatangan Albanese yang bertujuan mempererat hubungan kerja sama Australia-Indonesia, disambut hangat Joko Widodo (Jokowi) Presiden.

Usai menanam pohon bersama sebagai simbol hubungan baik kedua negara, Jokowi mengajak Albanese bersepeda dari Istana Kepresidenan Bogor menuju Resto Raasaa yang ada di Kebun Raya Bogor.

Menurut Presiden RI, bersepeda sangat pas dilakukan bersama karena cuaca cerah, dan sepeda merupakan moda kendaraan ramah lingkungan.

“Karena cuacanya bagus dan naik sepeda ini kan ramah lingkungan, saya kira kita harus memulai menyampaikan pesan betapa pentingnya kendaraan-kendaraan yang ramah lingkungan. Kemudian yang ketiga, ini memang rute yang biasa saya pakai untuk olahraga,” ujar Jokowi di Resto Raasaa, Kebun Raya Bogor

Menariknya, kedua kepala pemerintahan itu naik sepeda yang dibuat khusus dengan kerangka berbahan bambu.

Dua buah sepeda bambu yang dirancang untuk dipakai di jalan raya tersebut merupakan hasil karya Singgih S. Kartono dari Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, PM Albanese mengatakan bersepeda bersama Presiden Indonesia merupakan pengalaman luar biasa, dan sebuah kehormatan besar.

“Ini adalah pengalaman yang luar biasa, dan saya menganggap sebagai kehormatan besar Presiden mengundang saya untuk naik sepeda bambu bersamanya ke tempat yang indah di taman botani ini,” ucap Albanese.

Lebih lanjut, PM Australia menilai kegiatan bersepeda menunjukkan persahabatan antara Australia dan Indonesia. Bahkan, Jokowi menawarkan sepeda bambunya dibawa ke Australia.

“Presiden telah menawarkan kepada saya untuk membawa sepeda itu kembali ke Australia, dan Anda akan melihat saya mengendarai sepeda bambu satu-satunya di Canberra. Itu adalah pengalaman yang luar biasa dan setiap kali saya naik sepeda, saya akan ingat persahabatan dengan Presiden Widodo,” tuturnya.

Selepas bersepeda, kedua pemimpin negara menggelar pembicaraan khusus di area Taman Batu Putih Resto Raasaa, Kebun Raya Bogor.

Sekitar 30 menit Jokowi dan Albanese berbincang, lalu kembali ke Istana Kepresidenan Bogor untuk melakukan pertemuan bilateral kedua negara.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs