Jumat, 26 April 2024

Jokowi Apresiasi Konsistensi Nahdatlul Ulama Menjaga NKRI

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menghadiri acara peringatan hari lahir NU, Senin (31/1/2022), di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Senin (31/1/2022), melakukan kunjungan kerja di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Agenda pertama Presiden adalah menghadiri acara peringatan Hari Lahir ke-96 Nahdatlul Ulama (NU), serta pengukuhan Pengurus Besar Nahdatlul Ulama (PBNU) masa khidmat 2022-2027.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, NU sudah berbuat banyak untuk persatuan dan kesatuan Indonesia.

Presiden berterima kasih kepada NU, atas kiprahnya selama ini menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila.

“Terima kasih atas kiprah NU selama ini dalam menjaga NKRI, dan menjaga Pancasila,” ujarnya di Balikpapan Sport and Convention Center, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Prinsip ‘Hubbul Wathan Minal Iman’ dan semboyan ‘NKRI Harga Mati’ menurut Jokowi terbukti efektif merangkai persatuan dan kesatuan bangsa.

Presiden yang memakai setelan sarung warna hijau berpadu dengan jas abu-abu dan kopiah hitam bilang, NU konsisten melakukan moderasi beragama dalam kerangka toleransi dan kebangsaan.

“NU dapat menunjukkan wajah Islam, wajah Indonesia yang teduh dan ramah di mata dunia, serta menunjukkan agama juga budaya yang saling memperkaya satu sama lain,” katanya.

Pada kesempatan itu, Presiden menyampaikan selamat atas pelantikan pengurus PBNU 2022-2027 di bawah kepemimpinan Miftachul Akhyar sebagai Rais Aam, dan Yahya Cholil Staquf selaku Ketua Umum.

Sesudah acara PBNU, Jokowi Presiden melanjutkan rangkaian kegiatan kunjungan kerja di Pasar Sepinggan, Kota Balikpapan.

Di situ, Kepala Negara menyerahkan bantuan langsung tunai untuk para pedagang.

Selanjutnya, Presiden punya agenda memimpin rapat terbatas evaluasi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara virtual,sebelum terbang pulang ke Jakarta.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs