Sabtu, 20 Agustus 2022

Jokowi Presiden Berangkat Kunjungan Kerja ke Sejumlah Negara Eropa

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden bersiap melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara Eropa, Minggu (26/6/2022), dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden RI, siang hari ini, Minggu (26/6/2022), berangkat ke Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara Kelompok Tujuh (G7).

Dalam keterangan pers sebelum lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Presiden bilang, kehadirannya di KTT G7 sebagai Ketua Presidensi G20.

Di forum tersebut, Presiden Indonesia akan mengajak negara-negara anggota G7, yaitu Inggris, AS, Kanada, Jepang, Jerman, Prancis dan Italia, untuk sama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina.

Selain itu, Jokowi mendorong dunia internasional mencari solusi atas krisis pangan dan krisis energi yang terjadi akibat perang.

“Indonesia akan mendorong, mengajak negara-negara G7 bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina dan juga secepatnya mencari solusi dari krisis pangan dan energi yang sedang melanda dunia,” ujarnya.

Sesudah dari Jerman, Presiden RI rencananya berkunjung ke Kota Kiev, Ukraina, dan bertemu Volodymyr Zelensky Presiden Ukraina.

Kemudian, Jokowi juga akan melawat ke Kota Moskow, Rusia, bertemu dengan Vladimir Putin Presiden Rusia.

Tujuan Jokowi Presiden bertemu pemimpin negara tersebut adalah sebagai juru damai.

Sebelumnya, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI bilang, kunjungan Jokowi Presiden ke Ukraina dan Rusia yang sedang perang merupakan bentuk kepedulian Indonesia terhadap isu kemanusiaan.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 20 Agustus 2022
30o
Kurs