Selasa, 16 Agustus 2022

Jokowi Presiden Berduka atas Wafatnya Buya Syafii Maarif Tokoh Muhammadiyah

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Buya Syafii Maarif Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila berbincang dengan Joko Widodo Presiden di Sleman, Sabtu (3/5/2015). Foto: Antara

Joko Widodo Presiden menyatakan duka cita mendalam atas berpulangnya Ahmad Syafii Maarif tokoh senior dari Organisasi Muhammadiyah.

Lewat media sosial Twitter, Jokowi mengenang momen keakraban serta pertemuan terakhirnya dengan Buya Syafii, sekitar dua bulan yang lalu.

Menurut presiden, pada pertemuan di daerah Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Sabtu (26/3/2022), Buya Syafii terlihat sehat dan bugar pascamenjalani perawatan medis di rumah sakit.

Jokowi tidak menyangka kalau itu merupakan pertemuan terakhirnya dengan Buya Syafii.

“Dua bulan lalu, saya sempat menjenguk Buya Syafii di Sleman, saat beliau baru keluar dari rumah sakit seusai perawatan selama beberapa hari. Saat itu, beliau sudah sehat dan terlihat bugar. Itulah pertemuan terakhir saya dengan Buya Syafii. Selamat jalan Sang Guru Bangsa,” ucap presiden.

Rencananya, Kepala Negara akan bertakziah ke Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, tempat disemayamkannya jenazah almarhum Syafii Maarif.

Kabar terkait rencana kunjungan dadakan presiden ke Yogyakarta dibenarkan Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden.

Dia bilang, Kepala Negara berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, menumpang Pesawat Kepresidenan Indonesia 1.

Sesudah disalatkan, jenazah almarhum akan dikebumikan di Pemakaman Khusnul Khotimah milik Muhammadiyah, yang ada di Dusun Donomulyo, Kabupaten Kulonprogo.

Seperti diketahui, Ahmad Syafii Maarif mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, hari ini, Jumat (27/5/2022), wafat dalam usia 86 tahun.

Cendekiawan muslim yang akrab disapa Buya Syafii, mengembuskan nafas terakhir pukul 10.15 WIB, di Rumah Sakit Pembinaan Kesejahteraan Umat (PKU) Muhammadiyah, Gamping, Sleman, Yogyakarta.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Selasa, 16 Agustus 2022
25o
Kurs