Kamis, 25 April 2024

Jokowi Presiden Berikan 34 Ekor Sapi untuk Kurban Iduladha Tahun Ini

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden memberikan keterangan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (8/7/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Kepresidenan mengatakan, Joko Widodo Presiden akan menyalurkan sapi untuk dipotong dan dibagikan kepada masyarakat pada Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah.

Menurutnya, Presiden sudah menyiapkan 34 ekor sapi dengan berat per ekornya sekitar 800 kilogram sampai 1 ton.

Sapi-sapi kurban dari Jokowi, akan diberikan ke masjid yang ditunjuk gubernur. Tiap provinsi akan mendapat jatah satu ekor sapi.

“Per provinsi satu sapi kurban, beratnya kurang lebih kami harapkan 800 kilogram sampai 1 ton. Ada yang tadi di daerah Nusa Tenggara Barat itu 1,4 ton. Kalau sapinya di bawah batasan yang kami tetapkan, kami berikan dua ekor sapi,” ujarnya di Jakarta, Jumat (8/7/2022).

Heru menjelaskan, sapi dari Presiden terjamin bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), serta memenuhi Syariat Islam.

Karena, sebelum dikirim ke masjid, semua sapi menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pemerintah daerah, Kementerian Pertanian, Kementerian Agama, dan juga Dinas Pertanian setempat.

Selain dari Presiden, Heru menyebut para gubernur dan pejabat daerah di setiap provinsi juga akan memberikan sapi kurban sebagai pendamping sapi kiriman Kepala Negara.

Seperti diketahui, Kementerian Agama RI menetapkan tanggal 10 Zulhijah 1443 Hijriah pada hari Minggu (10/7/2022), berdasarkan metode gabungan penghitungan astronomi (hisab), serta pantauan langsung di sejumlah titik dengan teropong (rukyat).

Sementara, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan Iduladha tahun ini hari Sabtu (9/7/2022), berdasarkan hasil wujudul hilal Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.(rid/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs