Jumat, 29 Maret 2024

Jokowi Presiden Dukung Kebangkitan Aktivitas Seni dan Budaya

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden bertemu para seniman di Pasar Balekambang, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022). foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden berharap melandainya pandemi Covid-19 di Tanah Air jadi momentum kebangkitan berbagai aktivitas seni dan budaya sesudah vakum selama dua tahun belakangan.

Harapan itu disampaikan Presiden, siang hari ini, Kamis (26/5/2022), kepada perwakilan pekerja seni di Taman Balekambang Surakarta, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

“Sudah dua tahun ini vakum tidak ada kegiatan dan saya harapkan setelah pandemi bisa dikendalikan, aktivitas itu bisa dimulai lagi. Seni tradisi, seniman rakyat, Wayang Orang, Reog, Ketoprak, semuanya harus hidup kembali dalam rangka merawat, memelihara seni budaya Indonesia,” ucapnya.

Presiden juga menyampaikan keinginannya supaya Taman Balekambang yang sudah direvitalisasi menjadi pusat kebudayaan. Sehingga, menjadi bukti nyata seni tradisional masih tetap eksis dan terpelihara.

“Tentunya itu akan memberikan dampak yang baik terhadap seni budaya kita dan utamanya juga bisa menunjukkan bahwa seni tradisi itu tetap hidup sampai kapan pun,” imbuhnya.

Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan pemerintah selalu mendukung revitalisasi yang berkaitan dengan fasilitas kesenian dan kebudayaan.

“Pemerintah pusat akan mendorong semua yang berkaitan dengan kebudayaan, seni budaya, di mana pun,” kata Jokowi.

Pada kegiatan itu, presiden didampingi Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, dan Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Surakarta.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs