Kamis, 8 Desember 2022

Jokowi Presiden Isyaratkan Pandemi Covid-19 segera Berakhir

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan arahan dalam acara Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah Naik Kelas, Senin (3/10/2022), di Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengatakan, Pemerintah kemungkinan mengumumkan berakhirnya pandemi Covid-19 di Indonesia dalam waktu dekat.

Pernyataan itu disampaikan Presiden, siang hari ini, Senin (3/10/2022), pada acara Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah Naik Kelas, di Jakarta.

“Pandemi Covid-19 memang sudah mulai mereda. Mungkin sebentar lagi juga akan kami nyatakan pandemi sudah berakhir,” ujarnya.

Menurut Jokowi, berakhirnya wabah Virus Corona bukan berarti persoalan di Tanah Air selesai. Sekarang, Indonesia harus siap menghadapi krisis akibat pandemi dan perang Rusia-Ukraina.

Bahkan, berbagai negara di dunia, kata Presiden, sudah mulai mengalami krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial.

“Pemulihan ekonomi pascapandemi memang belum pada kembali normal, bahkan semakin tidak baik,” tegasnya.

Supaya bisa melewati krisis pascapandemi, Kepala Negara berharap seluruh pihak kompak dan bersinergi.

Sebelumnya, Selasa (20/9/2022), Presiden bilang Indonesia tidak perlu tergesa-gesa mengejar status endemi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan seluruh elemen masyarakat termasuk unsur Pemerintah tetap waspada, serta menjalankan protokol kesehatan.

Jokowi tidak mau terjadi lagi lonjakan kasus seperti di negara lain yang sudah lebih dulu menyatakan bebas dari Covid-19.

Berdasarkan data Satgas Covid-19, per hari Minggu (2/10/2022), jumlah kasus Covid-19 sejak mewabah di Indonesia Maret 2020 mencapai 6,4 juta kasus.

Dari jumlah tersebut, 6,2 juta orang yang terinfeksi Virus Corona sembuh, dan 158 ribu orang meninggal dunia.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Kamis, 8 Desember 2022
25o
Kurs