Senin, 29 April 2024

Jokowi Presiden Menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional untuk Lima Tokoh Daerah

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan keterangan di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/11/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Senin (7/11/2022), menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh daerah yang berjasa luar biasa untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara penganugerahan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, dihadiri ahli waris tokoh yang mendapat gelar pahlawan nasional, sejumlah menteri dan gubernur.

Tokoh daerah yang mendapat gelar pahlawan nasional tahun ini, masing-masing DR.dr. H.R. Soeharto dari Jawa Tengah, dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam VIII dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kemudian, Dokter Raden Rubini Natawisastra dari Kalimantan Barat, Haji Salahuddin bin Talibuddin dari Maluku Utara, dan K.H. Ahmad Sanusi dari Jawa Barat.

Penetapan gelar pahlawan nasional yang tertulis dalam Keputusan Presiden RI Nomor 96/TK Tahun 2022, dibacakan Laksamana Muda TNI Hersan Sekretaris Militer Presiden.

Sebelumnya, Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan melakukan serangkaian proses seleksi pahlawan nasional yang diusulkan masyarakat.

Tim yang dipimpin Mahfud Md menilai, kelima tokoh tersebut ikut mendirikan Republik Indonesia di masa perjuangan kemerdekaan, dan mengisi pembangunan dengan berbagai karya dan pemikirannya.

Berkat perjuangan dan jasa besar para tokoh nasional itu, Indonesia eksis sampai sekarang sebagai negara yang berdaulat.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs