Senin, 29 April 2024

Jokowi Presiden Menghadiri KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa di Belgia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden didampingi Ma'ruf Amin Wakil Presiden memberikan keterangan sebelum berangkat ke Belgia, Selasa (13/12/2022), di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden bersama Iriana Ibu Negara, pagi hari ini, Selasa (13/12/2022), melakukan kunjungan kerja ke Belgia, dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa.

RI 1 dan RI 3 beserta rombongan terbatas berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banteng, menumpang Pesawat Boeing 777 Garuda Indonesia-1.

“Pagi hari ini, saya bersama Ibu Negara dan juga delegasi terbatas akan menuju Brussel di Belgia dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-EU dalam rangka 45 tahun hubungan ASEAN dan Uni Eropa,” ujar Presiden dalam keterangan pers sebelum lepas landas.

Kepala Negara menegaskan, Uni Eropa adalah mitra dagang ASEAN ketiga terbesar sesudah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Amerika Serikat. Total perdagangan ASEAN-Uni Eropa pada tahun 2021 mencapai 268,9 miliar Dollar AS.

Sementara itu, investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) Uni Eropa ke ASEAN mencapai 26 miliar Dollar AS pada tahun 2021.

“Uni Eropa adalah sumber FDI terbesar kedua di ASEAN setelah RRT. Itulah kenapa terus kita perkuat, terus kita tingkatkan hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa. Juga tentu saja Indonesia ingin agar perdagangan antara Indonesia-EU dan juga investasi dari Uni Eropa ke Indonesia juga terus meningkat,” paparnya.

Dalam lawatannya kali ini, Jokowi akan berada di Belgia kurang dari 24 jam. Sesudah seluruh kegiatan di Belgia selesai, Jokowi akan langsung pulang ke Tanah Air.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara dalam penerbangan menuju Brussel, Belgia, antara lain Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Laksda TNI Hersan Sekretaris Militer Presiden, Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko Komandan Paspampres, dan Bey Machmudin Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden.

Sementara, sejumlah menteri sudah lebih dulu berada di Belgia, di antaranya Airlangga Hartarto Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, dan Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian.

Ma’ruf Amin Wakil Presiden beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin, Jenderal TNI Andika Perkasa Panglima TNI, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo Kapolri, dan Al Muktabar Penjabat Gubernur Banten melepas keberangkatan Presiden RI dan rombongan terbatas ke Belgia.(rid/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs