Jumat, 19 April 2024

Jokowi Presiden Mengukuhkan Paskibraka Nasional 2022 di Istana Merdeka

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden mengukuhkan Paskibraka Nasional, Senin (15/8/2022), di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, sore hari ini, Senin (15/8/2022), mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada upacara peringatan ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia, tanggal 17 Agustus 2022, di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Seremoni pengukuhan 68 orang Paskibraka yang mewakili 34 provinsi, berlangsung di Halaman Istana Merdeka.

Acara diawali dengan kumandang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian, Jokowi Presiden memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mendoakan para pahlawan.

Selanjutnya, Yudian Wahyudi Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memimpin jalannya pengucapan Ikrar Paskibraka yang diikuti para Paskibraka terpilih.

Savina Fasha Paskibraka asal DKI Jakarta yang memimpin upacara mewakili rekan-rekannya mengucapkan ikrar sambil memegang Bendera Merah Putih dengan tangan kanan dan meletakkan bendera di dada kiri.

Sesudah pengucapan ikrar, Presiden menyematkan lencana kepada pemimpin upacara secara simbolis, sebagai tanda pengukuhan Anggota Paskibraka Nasional.

Sekadar informasi, mereka yang terpilih menjadi Paskibraka Nasional adalah putra-putri terbaik perwakilan dari 34 Provinsi Indonesia.

Paskibraka Nasional tahun ini sudah menjalani masa karantina dan mengikuti serangkaian latihan dari tanggal 15 Juli 2022, di Cibubur, Jakarta Timur.

Tugas utama Paskibraka Nasional yaitu mengibarkan dan menurunkan Sang Saka Merah Putih, setiap peringatan ulang tahun Kemerdekaan Indonesia.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs