Jumat, 19 April 2024

Jokowi Presiden Pimpin Prosesi Kendi Nusantara di IKN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden saat meninjau IKN pada 2019 lalu. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Senin (14/3/2022), memimpin Upacara Kendi Nusantara di Titik Nol  Ibu Kota Nusantara yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Tepat di Tugu Titik Nol Ibu Kota Nusantara, presiden mengumpulkan gumpalan tanah dan air dari berbagai tempat di seluruh penjuru Indonesia, yang dibawa para kepala daerah.

Upacara Kendi Nusantara dibuka dengan kumandang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Lalu, satu per satu gubernur/pejabat yang mewakili provinsi menyerahkan tanah dan air dari daerahnya masing-masing kepada Jokowi.

Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta mendapat giliran pertama menyerahkan tanah dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara, serta beberapa liter air yang dituang ke wadah berbentuk kendi di Titik Nol IKN.

Kemudian, kepala daerah lain bergiliran memberikan tanah dan air kepada Jokowi yang didampingi Iriana Ibu Negara dan Bambang Soesatyo Ketua MPR RI.

Sebelumnya, Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden menjelaskan filosofi tanah dan air yang dibawa para Gubernur dari seluruh Indonesia dalam Upacara Kendi Nusantara merupakan simbol keberagaman Indonesia.

Acara adat itu dibarengi doa kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya program pemindahan ibu kota negara berjalan lancar, dan mendapat dukungan seluruh elemen masyarakat.

Sesudah prosesi Kendi Nusantara selesai, Jokowi Presiden menanam pohon di dekat Tugu Titik Nol Kilometer bersama para gubernur yang menanam pohon khas daerahnya masing-masing.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs