Sabtu, 25 Maret 2023

Jokowi Presiden Terima Kunjungan Kenegaraan Perdana Menteri Palestina

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menerima kunjungan Mohammad Ibrahim Shtayyeh PM Palestina, di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10/2022). Foto: tangkapan layar YouTube BPMI

Joko Widodo Presiden RI, pagi hari ini, Senin (24/10/2022), menerima kunjungan kenegaraan Mohammad Ibrahim Shtayyeh Perdana Menteri Palestina, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Pertemuan dua kepala negara itu dimulai dengan upacara penyambutan di halaman istana.

Kemudian, Jokowi mengajak Shtayyeh masuk ke Ruang Teratai untuk menandatangani buku tamu, lalu berbincang empat mata di beranda istana.

Selanjutnya, Presiden RI bersama PM Palestina berkeliling ke sejumlah titik, dan menanam pohon meranti sebagai simbol persahabatan, di halaman belakang Istana Bogor.

Sesudah itu, Jokowi dan Shtayyeh melakukan pertemuan bilateral tertutup, dilanjutkan dengan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman antara kedua negara.

Dalam pertemuan bilateral, Presiden didampingi Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan, Penny Kusumastuti Lukito Kepala BPOM, serta Abdul Kadir Jailani Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu.

Nantinya, kedua pemimpin negara akan menyampaikan keterangan pers bersama, dan pertemuan ditutup dengan makan siang bersama.

Pada pertemuan sebelumnya, Senin (1/11/2021), di acara KTT Pemimpin Dunia COP26, yang berlangsung di Kota Glasgow, Skotlandia, Jokowi menyampaikan komitmen Pemerintah Indonesia untuk terus mendukung perjuangan Palestina.

Indonesia berharap Palestina segera menjadi negara yang merdeka, berdaulat penuh, dan bisa menentukan nasibnya sendiri.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Boboh Gresik

Layang Waru di Pagi Hari

Truk Tebu Terguling di Sumber Waras Lawang

Jagain Truk di Tengah Jalan

Surabaya
Sabtu, 25 Maret 2023
24o
Kurs