Jumat, 19 April 2024

Jokowi Tegaskan Indonesia Ingin Belajar dari Tokoh-Tokoh Agama R20 yang Hadir

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI saat memberikan sambutan secara daring pada pembukaan Religion of Twenty (R20) di Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI menyampaikan selamat datang kepada peserta Religion of Twenty atau R20 di Nusa Dua, Bali.

“Pertama-tama atas nama pemerintah dan masyarakat Indonesia, saya menyampaikan selamat datang di Indonesia, selamat datang di negara yang terdiri dari 17.000 pulau dengan 3 zona waktu yang berbeda, berpenduduk lebih dari 275 juta jiwa terdiri dari atas 714 suku dan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang memeluk enam agama yang berbeda,” ujar Jokowi dalam sambutannya secara daring acara R20 di Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022).

Kata Presiden, Indonesia adalah negara yang sangat majemuk dalam suku bahasa dan agama tetapi dipersatukan oleh ideologi negara yaitu Pancasila.

“Kami dipersatukan oleh toleransi dan persatuan yaitu bhinneka tunggal Ika (Unity in Diversity),” jelasnya.

Kata Jokowi, tokoh-tokoh agama yang berbeda telah menjadi bagian utama dari perjuangan kemerdekaan Indonesia yang diraih di tahun 1945. Tokoh-tokoh agama yang berbeda juga menjadi bagian utama untuk mempersatukan Indonesia, bahkan tokoh-tokoh agama yang berbeda juga menjadi bagian penting untuk mensukseskan program-program pembangunan pemerintah.

Kontribusi tokoh-tokoh agama, kata Presiden, juga berperan penting dalam menangani pandemi Covid-19.

“Keberhasilan yang dicapai Indonesia saat ini termasuk dalam menangani pandemi Covid-19 juga berkat kontribusi tokoh-tokoh agama, masjid, gereja, pura, vihara dan klenteng telah menjadi pusat literasi masyarakat di berbagai bidang,” tegasnya.

Menurut Presiden, gotong royong lintas pemeluk agama juga menjadi kebanggaan Indonesia.

“Kehadiran bapak dan ibu di forum Religion Twenty (R20) ini sangat membanggakan kami. Indonesia ingin belajar dari Bapak Ibu sekalian yang hadir dari berbagai negara. kami rakyat Indonesia juga siap berbagi pengetahuan dan pengalaman yang juga sangat penting adalah kita tokoh agama dari berbagai agama dan dari berbagai negara harus bekerja sama,” ujarnya.

“Bekerja sama untuk meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah-masalah dunia untuk mengurangi rivalitas dan menghentikan perang demi dunia yang damai, dunia yang bersatu, dunia yang bekerja sama untuk mewariskan kebaikan bagi generasi mendatang,” imbuhnya.

Sekali lagi, Jokowi mengucapkan terima kasih atas perhatian para peserta R20 di Indonesia. Selamat mengikuti konferensi R20, dan semoga berhasil membangun kesepahaman dan kesepakatan serta menyepakati langkah-langkah konkret agar agama berkontribusi lebih besar untuk peradaban dan untuk kemanusiaan serta demi dunia yang lebih membahagiakan untuk semuanya.(faz/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs