Senin, 15 April 2024

KAI Catat Satu Juta Penumpang Gunakan KA Selama Libur Nataru

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Sejumlah penumpang kereta api memadati stasiun selama liburan Natal dan Tahun Baru. Foto: KAI

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, sebanyak 1.095.714 penumpang telah berpergian menggunakan kereta api jarak jauh ke berbagai tujuan selama delapan hari masa pemberlakuan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023.

Selama periode yang dimulai 22 sampai 29 Desember 2022, KAI telah melayani rata-rata 136.964 pelanggan per hari dengan keterisian tempat duduk mencapai 102 persen.

Adapun rute yang menjadi favorit penumpang selama libur Nataru antara lain Jakarta – Yogyakarta pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Purwokerto pp, Bandung – Surabaya pp, Yogyakarta – Surabaya pp, Yogyakarta – Banyuwangi pp, dan lainnya.

Joni Martinus VP Public Relations KAI mengatakan, jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 204 persen dibandingkan tahun lalu. Mengingat pada 2022, sudah tidak diberlakukan persyaratan screening Covid-19 melalui Antigen atau PCR.

Selain itu, kapasitas angkut yang sudah boleh mencapai 100 persen sehingga meningkatnya mobilitas masyarakat yang diiringi penambahan jumlah perjalanan KA secara keseluruhan.

“KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menggunakan layanan kereta api pada masa libur akhir tahun ini. KAI akan terus meningkatkan pelayanan serta mengawal agar seluruh perjalanan KA di masa Nataru ini dapat berjalan aman dan lancar,” ujar Joni dalam keterangan pers, Jumat (30/12/2022).

Per 30 Desember 2022, total KA jarak jauh telah terjual sebanyak 1,6 juta tiket atau sekitar 69 persen dari kapasitas yang disediakan sebanyak 2,4 juta tempat duduk.

“Jumlah tersebut akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung. Kami berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia,” lanjut Joni.

Pada masa angkutan Nataru (22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023), KAI memberikan peningkatan pelayanan yang di antaranya Kereta Panoramic.

Kereta Panoramic merupakan kereta inovasi KAI yang memiliki jendela sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis.

Selain itu, KAI juga menerapkan penggunaan seragam baru untuk para frontliner. Seragam tersebut merupakan rancangan Anne Avantie yang dikenal sebagai perancang busana dan pelopor kebaya kontemporer.

Seragam ini akan dipakai oleh para kondektur atau kondektris, customer service, announcer, petugas loket, dan prama atau prami di berbagai stasiun dan perjalanan KA.

Inovasi lainnya yaitu menghadirkan booth KAI Game Zone di Stasiun Gambir, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya Pasarturi sebagai upaya untuk menghilangkan kebosanan bagi para pelanggan.

KAI Game Zone ini merupakan fasilitas bagi pelanggan KA Jarak Jauh untuk dapat bermain game konsol secara cuma-cuma sambil menunggu keberangkatan KA-nya.

“Berbagai peningkatan pelayanan akan terus kami hadirkan agar perjalanan Anda saat menggunakan Kereta Api pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 ini menjadi makin bermakna dan berkesan,” tutup Joni.(tik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 15 April 2024
30o
Kurs