Jumat, 29 Maret 2024

KAI Daop 8 Surabaya Perbaiki Rel di Perlintasan Jalan Ahmad Yani Sampai 21 September

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi perbaikan rel untuk perlintasan kereta api menjelang pelaksanaan Angkutan Lebaran 2019. Foto: Dokumen suarasurabaya.net

PT KAI Daop 8 Surabaya akan melakukan perbaikan perlintasan kereta api di Jalan Ahmad Yani Surabaya mulai tanggal 16-21 September 2022. Perbaikan akan dilakukan selama lima hari mulai pukul 22.00 – 05.00 WIB tiap harinya.

Lukman Arif Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya saat dihubungi Suara Surabaya mengatakan, ruas rel kereta api yang akan diperbaiki yaitu di perlintasan sebidang no 1, Jalan Ahmad Yani Surabaya mengarah ke Sidoarjo, tepatnya di bawah flyover Wonokromo.

Perbaikan ini merupakan program rutin KAI terkait kelayakan jalan rel terutama dari sisi keamanan. Perbaikan dilakukan untuk menyamakan ketinggian geometri rel yang berada di tengah jalan di Jalan Ahmad Yani tersebut.

“Geometri rel yang berada di tengah-tengah jalan itu ketinggiannya tidak sama dengan kanan kiri rel yang di perlintasan tersebut, dan itu membahayakan perjalanan kereta api saat melintas. Sehingga untuk menyamakan ketinggian gemoteri, dilakukan pengangkatan tubuh badan rel di perlintasan tadi. Supaya ketinggiannya sama dengan rel yang di kanan kiri sebelum jalan raya tersebut,” ungkap Lukman, Jumat (16/9/2022).

Lukman menjelaskan, pekerjaan perbaikan perlintasan meliputi penggantian bantalan, pengurasan dan penggantian batu ballast (kricak), pengangkatan rel agar geometrinya sama dengan geometri rel di sisi kanan dan kiri perlintasan sebidang tersebut, pemasangan blok rel, hingga pengaspalan kembali.

Selama perbaikan, Lukman memastikan tidak ada penutupan jalan karena yang digunakan untuk perbaikan adalah separuh ruas jalan. Sementara separuh badan jalan sisanya masih bisa dilintasi pengguna jalan.

Ia pun mengimbau kepada pengguna jalan yang melintas selama perbaikan rel untuk berhati-hati.

“Selama pengerjaan kondisi jalan tidak sebagus biasanya, bagi penegndara roda 2 yang akan melintas supaya lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Luqman menambahkan bahwa pekerjaan perbaikan jalur rel pada perlintasan ini tidak akan menggangu operasional perjalanan KA.

“Pekerjaan dilakukan di waktu tidak ada kereta api yang melintas,” pungkas Luqman.(dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs