Kamis, 25 April 2024

Kapal Terbakar di Paiton Probolinggo, 25 ABK Selamat

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
KM Lautan Papua Indah yang terbakar di perairan Paiton Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (12/7/2022) sore. Foto: Tangkapan layar medsos/Antara

Sebanyak 25 anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Lautan Papua Indah yang terbakar di wilayah perairan Terminal Khusus Paiton Pelabuhan Probolinggo, Jawa Timur dikabarkan selamat semuanya pada Selasa (12/7/2022) sore.

Rincian jumlah ABK yang dievakuasi, yakni sebanyak 19 ABK kapal yang terbakar dan enam ABK titipan, sehingga totalnya ada 25 ABK yang menumpangi kapal tersebut dan dikabarkan seluruh ABK dievakuasi ke Pos TNI AL Paiton Probolinggo.

“Informasi yang kami dapatkan seluruh ABK dinyatakan selamat sehingga tidak ada korban jiwa,” kata AKP Slamet Prayitno Kasatpolair Polres Probolinggo di Probolinggo seperti dilansir Antara.

KM Lautan Papua Indah milik PT Wogikel Papua Jaya terbakar di sekitar wilayah perairan terminal khusus Paiton Probolinggo pada Selasa pukul 14.30 hingga 16.30 WIB.

Kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Probolinggo dengan tujuan berlayar ke daerah penangkapan ikan Laut Aru, L. Arafura, dan Laut Timor bagian timur.

Sementara itu Herman Yulianto staf Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Probolinggo mengatakan pihaknya langsung menyampaikan melalui radio marabahaya terkait dengan kejadian itu.

“Setelah mendapat laporan terkait kebakaran kapal perikanan itu, kami langsung memberikan informasi kepada seluruh kapal-kapal yang ada di sekitar lokasi untuk membantu evakuasi ABK,” tuturnya.

Menurutnya, ada empat kapal tugboat yang membantu evakuasi ABK yang berada di dalam KM Lautan Papua Indah yang terbakar dan membantu pemadaman sehingga seluruh ABK dapat diselamatkan.

Empat kapal tugboat yang membantu proses evakuasi dan pemadaman, yakni Tugboat Banyak, Tugboat JKW Pelita 1, Tugboat Intan Megah 20, dan Tugboat Bomas Potenza.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kapal terbakar di perairan terminal khusus Paiton Probolinggo,” katanya.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs