Selasa, 23 April 2024

Kapolda Metro Maafkan Penyunting Profilnya di Wikipedia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Irjen Pol Fadil Imran Kapolda Metro Jaya. Foto: Antara

Fadil Imran Kapolda Metro Jaya Irjen Pol memaafkan seorang pelaku penyuntingan profilnya di laman Wikipedia sehingga menjadi hoaks.

Kombes Pol Endra Zulpan Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya mengatakan, pihaknya telah menghentikan penyidikan kasus tersebut sesuai dengan keputusan Kapolda.

“Kasusnya dihentikan,” kata Endra Zulpan di Jakarta, Minggu (31/7/2022) dilansir Antara.

Dia menambahkan, pelaku yang diketahui bernama Nyoman itu saat ini tidak dilakukan penahanan dan telah dipulangkan ke rumahnya. “Iya sudah dipulangkan,” ujar Zulpan.

Pelaku diketahui sebelumnya telah bertemu dengan Fadil Imran. Pertemuan keduanya itu juga diabadikan dalam unggahan melalui akun Instagram Kapolda Metro Jaya.

“Dari awal saya juga tidak pernah melaporkan, tidak merasa sakit hati sama sekali dengan editan-editan Nyoman itu, tidak ada,” kata Fadil Imran dalam unggahan video tersebut.

Fadil menjelaskan, dia memang ingin bertemu dengan Nyoman selaku pelaku yang menyunting profil di laman Wikipedia setelah berhasil diamankan oleh kepolisian.

“Pagi tadi saya dilapori, saya bilang, ‘Tidak, saya mau ketemu Nyoman saja, saya mau maafkan’. Tidak ada masalah buat saya,” ujar Fadil.

Sebelumnya, profil Irjen Pol Fadil Imran Kapolda Metro Jaya di laman Wikipedia diubah oleh seseorang. Pelaku mengaitkan Fadil Imran dengan Irjen Ferdi Sambo dalam kasus kematian Brigadir Yoshua atau Brigadir J.

Tak lama kemudian, Sahabat Polisi Indonesia melaporkan penyunting di Wikipedia tersebut atas tuduhan penyebaran berita bohong (hoaks) Pasal 14 ayat 2 dan atau Pasal 15 KUHP.

Laporan tersebut teregistrasi dengan nomor LP/B/3806/VII/2022/SPKT/Polda Metro Jaya. Laporan dibuat pada 26 Juli 2022. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs