Rabu, 24 April 2024

KBRI Madrid Gelar Shalat Iduladha Pertama Sejak Awal Pandemi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Warga Indonesia berfoto usai melaksanakan shalat Iduladha yang digelar KBRI Madrid di Wisma Duta RI, Sabtu (9/7/2022). Foto: KBRI Madrid

KBRI Madrid kembali menggelar shalat Iduladha di Wisma Duta RI pada Sabtu (9/7/2022) pagi waktu setempat. setelah pemerintah Spanyol melonggarkan protokol kesehatan terkait pandemi Covid-19.

“Setelah lebih dari dua tahun tidak mengikuti ibadah tersebut, WNI dan diaspora Indonesia di Madrid kini dapat melaksanakannya kembali dan bersilaturahmi antarsesama,” bunyi keterangan tertulis KBRI Madrid yang diterima Antara, Sabtu malam.

Acara diadakan di Wisma Duta agar jamaah shalat Idul Adha dapat menikmati suasana musim panas di taman yang luas. Makanan Indonesia juga disajikan untuk mengobati kerinduan warga akan kuliner tanah air.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh sejumlah mahasiswa UNDIP Semarang yang sedang melakukan pertukaran pelajar selama satu semester, sejumlah dosen yang sedang melakukan penelitian, dan komandan pasukan UNIFIL Indonesia di Lebanon yang sedang berlibur bersama keluarga.

Dalam sambutannya kepada hadirin dan warga yang mengikuti lewat siaran langsung, Muhammad Najib Duta Besar (Dubes) RI untuk Spanyol menyampaikan pentingnya semangat berkorban yang dicontohkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail putranya, demi mendapatkan ridha Allah.

Kepada staf KBRI, Najib menegaskan perlunya mencintai semangat Ibrahim dan Ismail dalam menjalankan tugas, demi memajukan umat, bangsa, dan negara.

Kegiatan tersebut dimulai dengan takbiran bersama pada 09.00 waktu Madrid (13.00 WIB), dilanjutkan dengan shalat serta khutbah Iduladha yang diikuti oleh sekitar 120 orang.

Momentum lebaran ini, diketahui selalu menjadi hari istimewa bagi warga Indonesia yang berada di perantauan seperti di Madrid.

Sebagai informasi, Komisi Islam Spanyol (Comision Islamica España) telah menetapkan Iduladha jatuh pada Sabtu 9 Juli 2022. Khusus tahun ini, umat Islam di Spanyol berkesempatan menikmatinya secara leluasa karena jatuh pada hari libur, sehingga mereka tidak memerlukan izin untuk meninggalkan pekerjaannya.

Menurut data 2020, sekurang-kurangnya 2.1 juta penduduk Muslim tersebar di semenanjung Iberia dan pulau-pulaunya di selatan Eropa tersebut. Komunitas Muslim terbesar berada di Katalunya, diikuti oleh Andalusia, Madrid, Valencia dan Murcia.

Bagi umat Islam Spanyol, semarak Iduladha menjadi perayaan tersendiri yang umumnya dimulai dari masjid dan dilanjutkan dengan berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk merayakan hari itu sesuai budaya masing-masing. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs