Jumat, 26 April 2024

Kebakaran Lahan Kosong di Graha Tirta Waru Sudah Lima Kali

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Petugas saat melakukan proses pemadaman kebakaran ilalang di lahan kosong Perumahan Graha Tirta Waru, Sidoarjo, Senin (25/7/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Andri Dwi Komandan Regu 3 Damkar Posko Waru mengatakan kebakaran ilalang yang terjadi di lahan kosong Perumahan Graha Tirta Waru, Sidoaro sudah terjadi kurang lebih sebanyak lima kali terhitung dari tahun 2019.

“Ini kebakaran ilalang yang kelima, yang cukup parah yang keempat sebelum ini sekitar tahun kemarin. Kebakarannya cukup besar dan pemadamannya lama sampai menjelang maghrib,” kata Andri kepada suarasurabaya.net, Senin (25/7/2022).

Terkait penyebab kebakaran, Andri belum bisa memastikan karena saat sampai di lokasi, timnya langsung fokus memadamkan api yang sudah mendekat ke permukiman warga.

“Tadi kami mendapat laporan sekitar pukul 13.00 WIB dan 13.30 WIB petugas sudah sampai di lokasi,” imbuhnya.

Proses pemadaman memakan waktu hampir sekitar satu jam, dan api pokok berhasil dipadamkan menjelang pukul 14.30 WIB. Setelah api pokok padam, petugas melanjutkan pembasahan.

Berdasarkan pantauan, api merambat dengan cepat ke beberapa lahan karena angin yang kencang dan cuaca yang cukup panas. Bahkan dampak ilalang yang terbakar dan asap sampai bertebaran di sekitaran Jalan Brigjen Katamso, terutama saat mendekati pintu masuk Perumahan Graha Tirta.

“Untuk kesulitan saat pemadaman tidak ada, lalu armada yang diterjunkan ada dua yang berasal dari Damkar Posko Waru. Kami juga dibantu supply air dari pihak Graha Tirta,” pungkas Andri.(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs