Rabu, 24 April 2024

Kemenag Menunggu Konfirmasi Arab Saudi soal Aturan Vaksin Meningitis

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama RI. Foto: kemenag.go.id

Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama menyebutkan Kementerian Agama masih melakukan konfimasi kepada Pemerintah Arab Saudi mengenai kewajiban vaksin meningitis untuk jemaah umrah Indonesia.

“Kita masih mengonfirmasi, karena berbeda pernyataan Menteri Haji ketika di sini dan peraturan yang ada di sana. Kita sedang mengonfirmasi yang mana ini yang benar,” kata Yaqut di Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa (1/11/2022) mengutip dari Antara.

Kesimpangsiuran informasi perihal persyaratan vaksinasi bagi jamaah umrah asal Indonesia sempat muncul setelah Tawfiq F. Alrabiah Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan bahwa jemaah Indonesia mendapat keistimewaan dalam pelaksanaan umrah.

Tawfiq menyebut jemaah umrah asal Indonesia sudah dibebaskan dari segala persyaratan kesehatan, termasuk kewajiban menjalani vaksinasi Covid-19 dan vaksinasi meningitis.

Namun, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi pada Senin menyampaikan bahwa hanya persyaratan vaksinasi Covid-19 yang tidak lagi diberlakukan bagi orang yang hendak menuju ke Tanah Suci. Vaksinasi meningitis untuk sementara masih diwajibkan bagi jemaah umrah asal Indonesia.

“Jadi belum tahu, kita masih menunggu ya,” tambah Yaqut.

Yaqut pun menegaskan stok vaksin meningitis di Indonesia sudah siap. “Vaksin sudah ada,” ungkap Yaqut.

Saat mengunjungi Indonesia, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Alrabiah menjelaskan kemudahan-kemudahan yang diberikan kepada jemaah umrah Indonesia.

Kemudahan yang diberikan meliputi penghapusan syarat mahram bagi perempuan, perpanjangan masa berlaku visa umrah dari 30 hari menjadi 90 hari, dan pemberian izin bagi pemegang visa umrah untuk mengunjungi bagian wilayah Arab Saudi selain Mekkah dan Madinah.

Selain itu, Pemerintah Arab Saudi tidak lagi menerapkan pembatasan usia bagi jamaah umrah Indonesia serta menghadirkan platform layanan terintegrasi Nusuk untuk memudahkan jemaah umrah melakukan perjalanan ke Makkah, Madinah, dan bagian wilayah Arab Saudi yang lain.(ant/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs