Kamis, 28 Maret 2024

Kemenaker Berharap UU Pesantren Mempermudah Santri Mengakses Dunia Kerja

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pesantren Kilat (Sanlat) Ramadhan 1443 Hijriyah bertajuk "Pendidikan Vokasi di Kalangan Santri" di Gedung DPRD Kota Bogor Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022). Foto: Antara

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) berharap Undang-undang Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren, dapat memberikan keleluasaan bagi santri untuk berinovasi, sehingga lebih mudah dalam mengakses dunia kerja.

“Hal yang tidak kalah penting adalah kreativitas, ini berkaitan dengan kemampuan santri,” kata Muhammad Ali Direktur Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Kemenaker, saat mengisi Pesantren Kilat (Sanlat) Nasional di Gedung DPRD Kota Bogor Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022) dikutip Antara.

Menurutnya, para santri bisa belajar dari kegagalan perusahaan produsen ponsel, Nokia yang dalam sekejap kalah menguasai pasar oleh produsen ponsel lainnya karena kurangnya inovasi.

“Nokia saat menguasai pasar terlena dengan kemapanan yang dimiliki, sehingga lupa melakukan kreativitas lainnya, sehingga dalam sekejap dikalahkan,” katanya.

Disebutkan, para santri juga perlu mengedepankan sikap kolaborasi yang dianggapnya sebagai kunci sukses dalam dunia kerja.

Ia mencontohkan perusahaan Gojek dan Youtube yang sukses mengedepankan kolaborasi.

Beberapa santri mengikuti pesantren Kilat (Sanlat) Ramadhan 1443 Hijriyah bertajuk “Pendidikan Vokasi di Kalangan Santri” di Gedung DPRD Kota Bogor Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022). Foto: Antara

“Gojek itu tidak punya mobil dan motor. Tapi dengan kemampuan kolaborasi, Gojek menjadi perusahaan transportasi terbesar. Youtube juga tidak punya konten kreator, tapi jutaan konten kreator mengunggah videonya di Youtube,” katanya.

Seementara itu dalam kesempatan yang sama, Caswiono Rusydi Cakrawangsa Staf Khusus Menaker, meyakini bahwa eksistensi para santri dapat bangkit setelah lahirnya UU tentang pesantren pada 2019 lalu.

Alasannya, sebelum lahir UU tersebut kondisinya ironis karena perlakuan negara seolah membuat santri terpinggirkan. Hal itu berkaca dari penganggaran yang lebih dominan untuk pendidikan umum.

“Ini terlihat dari pembangunan, negara lebih berpihak kepada pendidikan modern, padahal pesantren hadir jauh ratusan tahun lalu,” katanya.

Meski begitu, diharapkan para santri dapat tetap mempertahankan tradisi-tradisi lama yang baik, dan mengambil hal-hal baru yang lebih baik. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
28o
Kurs