Sabtu, 27 April 2024

Kemendikbudristek Membuka Pendaftaran PPG Prajabatan Hingga 26 September 2022

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Simulasi sekolah tatap muka di SMPN 1 Surabaya. Foto : Humas Pemkot

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan mulai 26 Agustus sampai 26 September 2022.

“Bagi yang sudah lulus sarjana memiliki keinginan dan semangat menjadi guru, maka dapat mengikuti PPG Prajabatan yang dimulai tanggal 26 Agustus 2022 hingga 26 September 2022,” ujar Nunuk Suryani Pelaksana Tugas Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Kamis (15/9/2022).

Dia menjelaskan, PPG Prajabatan merupakan kesempatan yang baik buat mereka yang mau berkontribusi langsung pada kemajuan pendidikan Indonesia.

Lulusan PPG Prajabatan, lanjutnya, memiliki berbagai keuntungan, di antaranya sertifikat pendidik dan akan mendapat penempatan sebagai ASN.

Mengutip Antara, terdapat 18 program studi yang dibuka, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Ekonomi, Fisika, IPA, IPS, Kimia, Matematika, PGSD, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, serta Pendidikan Luar BIasa.

Selain itu, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Sejarah, Geografi, Sosiologi, Bimbingan Konseling, dan Seni Budaya.

Untuk mengikuti seleksi PPG Prajabatan, calon peserta harus memenuhi sejumlah persyaratan pendaftaran, di antaranya WNI, tidak terdaftar sebagai guru atau kepala sekolah di Dapodik, berusia maksimal 32 tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran.

Selain itu, memiliki kualifikasi akademik sarjana atau diploma empat, memiliki IPK paling rendah 3.00, memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani, memiliki surat keterangan berkelakuan baik, memiliki surat keterangan bebas narkoba, menandatangani pakta integritas, dan mengikuti tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, tes substantif, serta tes wawancara. Pendaftaran dapat dilakukan melalui https://ppg-prajab.simpkb.id/pendaftaran.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs