Sabtu, 27 April 2024

Kemenhub Lepas Bus Arus Balik Gratis Jatim Tujuan Jakarta dari Terminal Purabaya

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ratusan penumpang bus arus balik gratis di Terminal Tipe A Purabaya, Minggu (8/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Provinsi Jawa Timur menyediakan delapan bus pariwisata untuk para pemudik kembali ke Jakarta. Seremonial pelepasan dilaksanakan di Terminal Purabaya, Minggu (8/5/2022) pukul 09.30 WIB.

Cipto Widyanto Staf Administrasi Terminal Tipe A Purabaya mengatakan, pada arus mudik kemarin, Jawa Timur menjadi salah satu daerah tujuan mudik gratis dengan busa yang diberangkatkan dari Jakarta. Sebaliknya, pada arus balik bus diberangkatkan dari Jawa Timur menuju Jakarta.

“Jatim baru kali ini, selain di Terminal Purabaya, dari Madiun juga ada,” kata Cipto saat ditemui suarasurabaya.net, Minggu (8/5/2022) di jalur keberangkatan Terminal Tipe A Purabaya.

Cipto menjelaskan, dari delapan bus yang tersedia dengan kapasitas 320 penumpang, hanya terisi 100 penumpang.

“Dari 300 hanya 100 yang datang. Jadi, kami berangkatkan 3 bus dulu. Yang 5 masih standby di sini khusus hari ini saja. Jadi, yang tiba-tiba datang dan daftar maka ketika kuota terpenuhi akan langsung berangkat,” tambahnya.

Cipto juga menambahkan, ke depannya BPTD Wilayah XI Jatim di bawah naungan Kemenhub akan gencar melakukan sosialisasi terkait penyediaan bus arus balik gratis pada momen Lebaran.

“Kami sosialisasikan lagi biar kuotanya terpenuhi. Juga mungkin mencoba terminal-terminal lain yang menjadi tujuan utama di Jawa Timur,” imbuhnya.

Adanya bus arus balik gratis dinilai masyarakat sangat membantu. Seperti yang dikatakan Kharisma seorang penumpang tujuan Bekasi yang mudik bersama istri dan dua anaknya.

“Biasanya bisa habis Rp2 juta kalau pulang ke Jakarta, tapi sekarang jadinya gratis,” katanya.

Seremonial pelepasan arus balik di Terminal Purabaya juga dihadiri Handa Lesmana Kasubdit Angkutan Orang Antar Kota Kemenhub. Dalam sambutannya, Handa menyampaikan harapannya penyediaan bus gratis bagi masyarakat bisa menekan angka kecelakaan serta kepadatan lalu lintas.

Selepas sambutan dan doa bersama, 100 pemudik yang sudah hadir langsung bergegas naik ke bus yang sudah tersedia.

Handa Lesmana didampingi Andi Cipto Adi Kepala Terminal Tipe A Purabaya, Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, melepas 3 bus untuk berangkat dengan isyarat bendera dari atas panggung. Ketiga bus nantinya akan berhenti di tiga terminal yaitu Kampung Rambutan, Pulo Gebang, dan Poris Plawad.(lta/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs