Selasa, 30 April 2024

Kemenkes Fasilitasi 14.641 Sarana Layanan Kesehatan di Jalur Mudik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Yanti Herman (tengah) Direktur Pelayanan Kesehatan Primer saat meninjau persiapan protokol kesehatan di Gereja Katedral Jakarta, Rabu (21/12/2022). Foto: Antara

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memfasilitasi sebanyak 14.641 sarana layanan kesehatan di jalur mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 melalui kerja sama dengan instansi terkait hingga pemerintah daerah.

“Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2023, sejumlah fasilitas layanan kesehatan telah kami siagakan di seluruh jalur mudik. Total ada sekitar 14.641 sarana kesehatan sudah kami siapkan,” kata Yanti Herman Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes di Jakarta, Kamis (22/12/2022), sebagaimana dikutip Antara.

Sebanyak 901 pos kesehatan, 10.321 puskesmas, 3.117 rumah sakit, 51 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 251 Public Safety Center (PSC) 119 telah dipersiapkan.

Dia mengatakan, bagi puskesmas, rumah sakit, dan PSC 119 yang berada jalur utama mudik wajib mempersiapkan SDM dan pelayanan 24 jam.

Pemerintah memprediksi akan terjadi lonjakan mobilisasi masyarakat sebanyak 44,17 juta orang atau 16,35 persen. Sebanyak 7,1 juta orang yang di antaranya bergerak di Jabodetabek atau setara 16,65 persen.

Dengan lonjakan yang cukup tinggi, dikhawatirkan dapat memicu terjadinya peningkatan Covid-19 dan kasus lainnya seperti kecelakaan.

“Pandemi belum sepenuhnya berakhir, potensi penularan masih ada, bahkan penularan untuk penyakit infeksi lainnya untuk menekan potensi penularan penyakit,” katanya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kemenkes telah berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

Pos kesehatan nantinya akan ditempatkan di pintu keluar tol, rest area tol, jalur non-tol, jalur penyeberangan, bandara, hingga tempat ibadah yang ramai dikunjungi masyarakat, dan rempat wisata.

Selain menyiapkan sarana kesehatan, Kemenkes juga memfasilitasi pelayanan vaksinasi khususnya dosis penguat atau booster di beberapa pos kesehatan dan Puskesmas.

Tidak hanya itu, promosi kesehatan terkait pentingnya protokol kesehatan (prokes) selama libur Natal dan tahun baru (Nataru) juga diberlakukan di setiap pos kesehatan.

Tim Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer akan memantau kesiapan pos kesehatan, beserta sarana dan prasarananya yang dimulai 21-23 Desember 2022 di jalur pantai utara (Pantura), jalur pantai selatan (pansela) dan jalur Merak-Bakauheni.

“Kunjungan pertama untuk jalur pansela dimulai dari Gereja Katedral Jakarta untuk melihat kesiapan gereja dalam menghadapi ibadah Natal tahun ini,” kata Yanti Herman.

Albertus Hani Rudi Hartoko Pastor Kepala Gereja Katedral Jakarta mengatakan, sudah menyiapkan prokes yang ketat yakni penggunaan masker selama ibadah, handsanitizer di tiap sudut gereja, serta termal scanner di pintu masuk.

Selain itu, pihak gereja sudah memodifikasi air suci yang ditempatkan dalam wadah handsanitizer, sehingga umat yang beribadah bisa mengambil air suci tidak bersama lagi dalam satu wadah.

Begitu pun khotbah dan doa-doa yang sudah dikemas dalam bentuk e-book, serta donasi para umat dapat disalurkan ke gereja melalui transfer atau QR Scan yang sudah disiapkan di setiap tempat duduk gereja.(ant/tik/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version