Kamis, 25 April 2024

Kemenko PMK Minta Generasi Muda Aktif Lestarikan Wayang

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Didik Suhardi (tengah) Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK. Foto: Antara

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) meminta seluruh generasi muda untuk berperan aktif melestarikan wayang sebagai bagian dari budaya Indonesia.

“Generasi muda memiliki peran strategis dalam upaya pelestarian budaya di Indonesia termasuk wayang,” ucap Didik Suhardi Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK, saat dihubungi dari Jakarta, pada Sabtu (5/11/2022).

Didik mengatakan, saat ini pemerintah terus menggencarkan dan mengoptimalkan berbagai program strategis dalam rangka pemajuan kebudayaan.

“Program pemajuan kebudayaan bertujuan untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara dengan landasan keanekaragaman budaya yang mencerdaskan, mendamaikan, dan menyejahterakan,” katanya.

Ia menambahkan, wayang sebagai seni pertunjukan tradisional khas Indonesia memiliki relevansi dengan gerakan nasional revolusi mental.

“Kalau dikaitkan antara wayang dengan Gerakan Nasional Revolusi Mental maka sangat relevan sekali, di dalam wayang banyak terkandung nilai-nilai yang sejalan yakni etos kerja, gotong royong, dan integritas,” katanya.

Untuk itu, Kemenko PMK terus berupaya memperkuat sejumlah program guna mengembangkan dan melestarikan wayang, agar lebih dekat dengan generasi muda.

“Kemenko PMK terus melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai wayang melalui berbagai kegiatan pagelaran dengan tujuan agar generasi muda dapat lebih mengenal, merasa memiliki, dan mencintai kebudayaan tradisional Indonesia,” ucapnya.

Kemenko PMK, juga berharap agar filosofi-filosofi dalam cerita wayang, terutama terkait dengan karakter yang memiliki integritas, kerja keras, dan semangat gotong royong dapat makin tersebar luas.

Ia menambahkan, bahwa Kemenko PMK mengajak generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental dengan mengampanyekan perubahan pola pikir, pola hidup, dan pola tindak dalam rangka mencapai Indonesia Emas 2045.

“Kemenko PMK terus mengampanyekan bahwa para pemuda yang produktif dan unggul merupakan kunci utama yang sangat menentukan bagi pembangunan Indonesia guna mencapai Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.(ant/ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs