Sabtu, 10 Desember 2022

Kerajaan Arab Saudi Membuka Pengajuan Visa Umrah

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Suasana Masjidil Haram yang sepi di Mekah, Arab Saudi, Jumat (6/3/2020). Pemerintah Arab Saudi menangguhkan sementara pelaksanaan ibadah umrah terkait merebaknya wabah virus corona. Foto: Antara/Reuters

Puncak penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina selesai tanggal 12 Juli 2022.

Berselang dua hari setelahnya, Pemerintah Arab Saudi membuka kembali pengajuan visa umrah.

Alhamdulillah, saya sudah mendapat konfirmasi bahwa pengajuan visa umrah sudah dibuka per hari ini,” terang Nur Arifin Direktur Umrah dan Haji Khusus di Jeddah, Sabtu (16/7/2022).

Meski demikian, lanjut Nur Arifin, musim umrah untuk peziarah dari dalam dan luar Kerajaan Saudi baru akan dimulai pada 30 Juli 2022.

“Jadi pengajuan visa dibuka dari sekarang. Keberangkatan, mulai akhir bulan,” jelasnya.

Dalam keterangan resmi Kementerian Agama, Nur Arifin menjelaskan, persyaratan pengajuan visa, antara lain jemaah harus sudah menyelesaikan vaksinasi Covid-19 yang dibuktikan dengan menunjukkan sertifikat vaksin dari otoritas resmi negara masing-masing.

Info selengkapnya terkait syarat pengajuan umrah, dapat dilihat melalui situs web https://haj.gov.sa/ar/InternalPages/Umrah.

Kemudian terkait persiapan ibadah haji tahun 2023, Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama mengatakan pihaknya telah berdiskusi dengan Tawfiq Al Rabiah Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi terkait persiapan haji 1444 H/2023 M.

Dalam diskusi tersebut, Menag juga menyampaikan sejumlah catatan perbaikan, baik dari sisi penyelenggaraan di Indonesia mau pun di Arab Saudi.(dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Sabtu, 10 Desember 2022
31o
Kurs