Jumat, 26 April 2024

Ketua DPR AS Akan Hadiri Forum Ukraina di Kroasia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Nancy Pelosi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat.

Nancy Pelosi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (DPR AS) dikabarkan akan berangkat ke Zagreb ibu kota Kroasia, menghadiri forum yang mendukung kebebasan Ukraina.

Hal tersebut, diungkapkan dalam peryataan Kantor Pelosi di DPR AS, Minggu (23/10/2022) malam waktu setempat. Forum tersebut, juga ditujukan untuk menyokong pengembalian Semenanjung Krimea kepada Ukraina.

“Pembahasan akan dipusatkan pada upaya masyarakat internasional untuk mendukung rakyat Ukraina serta membuat Rusia mempertanggungjawabkan kejahatan perang dan upaya pencaplokan ilegal,” kata kantor Pelosi melalui pernyataan yang dikutip Antara dari Reuters.

“Dalam pidatonya pada forum tersebut, beliau (Pelosi) akan menyampaikan pernyataan soal komitmen tak tergoyahkan dari Amerika untuk Ukraina,” demikian bunyi pernyataan itu.

Sebagai informasi, Pelosi pada awal tahun ini telah mengunjungi Ukraina. Selama ini, ia juga dikenal sebagai sosok yang mendukung kuat pemberian bantuan, termasuk bantuan militer bagi Ukraina sejak Rusia memulai invasi ke negara itu pada 24 Februari.

Sementara itu, gorum yang dimaksud yakni KTT Platform Krimea, akan menghadirkan kalangan pejabat pemerintah Ukraina dan pakar luar negeri sebagai pembicara.

Mereka akan memusatkan pembahasan pada “parameter integrasi Krimea” setelah Moskow mencaplok semenanjung di Eropa Timur itu dari Ukraina pada 2014 lalu. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs