Rabu, 6 Juli 2022

Ketua DPR Fasilitasi KIP Afirmasi untuk Beasiswa 146 Mahasiswa UMNU

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Fraksi PDI Perjuangan menyalurkan KIP Afirmasi untuk 146 Mahasiswa UMNU Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (20/5/2022). foto: istimewa

Sebanyak 146 Mahasiswa Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU), Kebumen, Jawa Tengah, menerima beasiswa kuliah melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Afirmasi.

Ratusan mahasiswa itu berterima kasih kepada Puan Maharani Ketua DPR RI dan Utut Adianto Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI atas fasilitasi bantuan biaya pendidikan.

Ucapan terima kasih lewat pesan video disampaikan para penerima beasiswa dalam acara silaturahmi DPC PDI Perjuangan Kebumen, Jumat (20/5/2022).

Imam Satibi Rektor UMNU Kebumen yang hadir di tempat acara menyampaikan terimakasih kepada PDI Perjuangan yang membantu mengalokasikan KIP afirmasi kepada UMNU.

“Beasiswa KIP betul-betul memberikan kemanfaatan bukan cuma bagi mahasiswa yang tidak mampu, melainkan memberikan barokah bagi daerah Kebumen yang berstatus termiskin di Jateng,” ujarnya.

Dia berharap PDI Perjuangan dan Puan Maharani melanjutkan perjuangannya membantu anak muda di Indonesia untuk menggapai pendidikan setinggi mungkin.

“Ini betul-betul kepedulian yang tinggi bagi pemberdayaan daerah, dan menjadi solusi strategis untuk pendidikan ke depan,” pungkas Imam.

Sekadar informasi, Kartu Indonesia Pintar Kuliah Afirmasi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan akses pendidikan tinggi.

Beberapa kategori calon mahasiswa yang dapat menerima KIP Kuliah Afirmasi antara lain: berasal dari daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T), orang asli Papua (OAP), dan anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari wilayah perbatasan.

Jalur seleksi KIP Kuliah Afirmasi dibagi menjadi dua, yaitu jalur tes ADik berbasis dokumen hasil akademik dan non akademik atau raport, dan non-tes untuk siswa yang lulus SNMPTN dan siswa yang mendaftar SBMPTN secara mandiri.(rid/faz)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
27o
Kurs