Rabu, 6 Juli 2022

Ketua DPR: Pelayanan Publik di Sisa Masa Mudik Lebaran Harus Tetap Optimal

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI. Foto: Istimewa

Puan Maharani Ketua DPR RI mengimbau pemerintah beserta para pemangku kepentingan agar tetap memberikan pelayanan untuk masyarakat yang akan pulang kampung.

Meskipun sudah melewati masa puncak arus mudik dan arus balik Lebaran 2022, legislator PDI Perjuangan itu mengingatkan kewajiban pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada publik.

“Di berbagai daerah, baik di pelabuhan, bandara, dan stasiun masih tergolong cukup ramai. Pemudik yang kembali setelah masa libur Lebaran selesai harus tetap mendapatkan pelayanan yang optimal,” ujarnya di Jakarta, Senin (9/5/2022).

Lebih lanjut, Puan mengingatkan pengelola jalan tol untuk memperhatikan fasilitas yang digunakan pemudik. Menurutnya, sampai hari Minggu (8/5/2022) malam, kendaraan yang menuju Jabodetabek di jalan tol masih cukup ramai.

Sementara itu, sistem satu arah (one way) di jalur tol saat ini sudah disetop sesudah lewat masa puncak arus balik.

“Kebutuhan masyarakat, termasuk rest area yang bersih dan layak harus menjadi perhatian,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Puan mengapresiasi kinerja pihak kepolisian, Kementerian Perhubungan, penyelenggara jalan tol, kereta api, kapal, dan pesawat terbang yang memastikan masyarakat bisa mudik dengan nyaman hingga kembali ke rumahnya lagi.

Mantan Menko PMK juga meminta seluruh pihak memperhatikan skema atau skenario yang dibutuhkan untuk pemudik yang kembali usai puncak arus mudik. Dia menekankan, sistem yang diambil harus memprioritaskan kebutuhan masyarakat.

“Sambil terus memastikan seluruh sarana protokol kesehatan dijalankan dengan baik sehingga kita dapat menekan kemungkinan peningkatan kasus Covid-19 usai mudik Lebaran,” jelasnya.

Untuk mengurai kemacetan arus balik, Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri, diperbolehkan bekerja dari rumah (work from home/WFH) seminggu usai libur Lebaran.

Kemudian, para pengusaha juga dianjurkan memberlakukan sistem WFH, agar pegawainya bisa kembali ke Jabodetabek secara bertahap.

“Namun, untuk ASN atau PNS yang bekerja di bagian pelayanan publik, harus tetap bekerja di kantor seperti biasa agar pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu,” tegasnya.

Secara khusus, Puan mengucapkan selamat menjalankan aktivitas kembali kepada masyarakat sesudah periode libur Idulfitri selesai.

“Semoga silaturahmi dengan keluarga, termasuk yang ada di kampung halaman bisa meningkatkan semangat di tengah tantangan pandemi Covid-19 yang masih ada,” tandasnya.(rid/bil)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
31o
Kurs