Sabtu, 27 April 2024

Ketua DPR RI Minta Pemda Antisipasi Keramaian Tempat Wisata pada Masa Libur Lebaran

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi Foto Liburan.
(Foto: Totok suarasurabaya.net)

Puan Maharani Ketua DPR RI mengingatkan seluruh pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan antisipasi keramaian massa pada periode libur Idulfitri 2022.

Karena libur lebaran tahun ini masyarakat diperbolehkan mudik, maka kemungkinan akan terjadi peningkatan aktivitas di tempat-tempat wisata.

Selain mudik, pemerintah juga menetapkan libur cuti bersama sebanyak empat hari. Dengan begitu, periode libur dan cuti bersama Idulfitri dimulai pada 29 April sampai 6 Mei 2022.

“Setelah dua tahun lamanya masyarakat tidak boleh mudik dan tidak ada cuti bersama Idulfitri, lebaran tahun ini akan meningkatkan mobilitas masyarakat terutama di daerah,” ujar Puan di Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Selain bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman, masyarakat biasanya akan menghabiskan libur Lebaran dengan berwisata.

Maka dari itu, Puan menekankan perlu adanya koordinasi antara pemda dengan pengelola tempat wisata dan tempat hiburan lainnya.

“Tekankan supaya kapasitas di tempat wisata tidak melebihi ketentuan, dan upayakan menerapkan manajemen protokol kesehatan sebaik mungkin agar tidak menimbulkan kerumunan di tempat wisata,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dia meminta pemda bekerja sama dengan Satgas Penanganan Covid-19, serta petugas pengamanan dan instansi terkait di daerahnya masing-masing.

“Koordinasi selalu dengan pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan pengelola tempat-tempat keramaian lainnya. Selain perlu dilakukan simulasi sebelum musim mudik, pengawasan juga harus selalu dilakukan,” tuturnya.

Mantan Menko PMK tersebut menekankan, kebangkitan ekonomi daerah harus didukung seiring mulai membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Walau begitu, Puan mengingatkan pemulihan ekonomi tetap harus mengedepankan prinsip keamanan kesehatan.

“Kita juga harus dukung kebangkitan pariwisata yang menjadi salah satu andalan Indonesia. Tapi tetap ingat, protokol kesehatan harus menjadi kunci. Jangan karena pelonggaran ini kita lengah sehingga memicu naiknya kembali angka penularan Covid-19,” sebutnya.

Untuk mencegah penyebaran dan fatalitas, Puan meminta masyarakat segera melengkapi vaksin Covid-19 primer dan booster.

“Segera vaksin bagi masyarakat yang belum menerimanya. Dan untuk yang sudah mendapat vaksin dosis I dan II, cepat-cepat booster. Maka aktivitas selama mudik akan lebih nyaman dan keluarga pun semakin terlindungi,” tandasnya.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs