Rabu, 24 April 2024

Khofifah: Kesadaran Masyarakat Jatim Kurangi Penggunaan Plastik Makin Baik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Komunitas Nol Sampah yang membagikan tas kantong kain di depan Swalayan Palapa Adityawarman, Sabtu (9/4/2022). Foto: Tim redaksi suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur (Jatim) mengajak masyarakat untuk mencintai dan menjaga lingkungan, dengan melakukan aksi sederhana seperti mengurangi pemakaian kantong plastik.

“Melalui tindakan sederhana itu, dampaknya akan sangat besar bagi kondisi lingkungan dan masyarakat,” ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Kamis (21/7/2022), seperti dilansir Antara.

Menurutnya, kesadaran masyarakat dalam mengurangi pemakaian barang yang berbahan plastik, seperti styrofoam, air mineral kemasan, kantong maupun sedotan plastik semakin tinggi. Hal tersebut terlihat dari banyaknya toko swalayan di beberapa daerah, yang sudah tidak lagi menggunakan tas plastik dan diterima masyarakat dengan belanja menggunakan tas berbahan kain.

“Sampah plastik akan terbuang kemana-mana dan bisa ke sungai. Dengan penggunaan tas kain atau bahan lain daur ulang bisa diterapkan masyarakat untuk menjaga lingkungan,” jelas Khofifah.

Gubernur Jatim juga mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membuang ke sungai. Selain itu, tindakan lain yang bisa dilakukan yakni dengan menanam pohon yang mampu meredam kenaikan gas rumah kaca sebagai penyebab utama pemanasan global, dan perubahan iklim.

Khofifah menegaskan, Jatim tidak akan berhenti melakukan inovasi dalam pengelolaan lingkungan hidup dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

Ia menambahkan, selama 10 tahun lebih, Jatim terus memacu peningkatan kemampuan kapasitas daya dukung lingkungan menjadi lebih baik.

“Peningkatan kapasitas dan daya dukung lingkungan ini dilakukan melalui berbagai cara, yakni menjalin kerja sama dengan pemerintah pusat, kabupaten/kota, dunia usaha, perguruan tinggi, masyarakat, LSM, serta elemen di dalam maupun luar negeri,” ungkapnya. (ant/des/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs