Sabtu, 27 April 2024

Kinerja Ratusan ASN Pemkot Surabaya yang Dirotasi Bakal Langsung Dinilai Masyarakat

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ratusan ASN Pemkot Surabaya yang dirotasi pada Rabu (12/10/2022). Foto: surabaya.go.id

Muhammad Fikser Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Surabaya menyampaikan bahwa kinerja ratusan ASN Pemkot Surabaya yang dirotasi pada Rabu (12/10/2022) kemarin akan dinilai langsung oleh masyarakat.

“Jadi nanti setelah pelantikan, akan ada alat kepuasan masyarakat di semua kelurahan, kecamatan termasuk di OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lainnya. Jadi setiap warga yang mendapatkan pelayanan, mereka diminta untuk memberikan hak terhadap pelayanan yang diterima menggunakan tombol puas atau tidak puas. Sudah kami siapkan. Dari indikator tersebut nanti ada penilaian,” terangnya saat mengudara di Radio Suara Surabaya pada Kamis (13/10/2022).

Fikser menginformasikan bahwa alat yang digunakan untuk menilai kinerja ASN Pemkot Surabaya nantinya akan menggunakan komputer yang disiapkan di tempat yang mudah dilihat. Penilaian ini harus diisi oleh warga yang turut dipantau CCTV, sebagai bentuk pengawasan langsung untuk mengurangi ‘saling lempar’ ketika warga menyampaikan keluhan mengenai pelayanan publik.

Namun, ia menambahkan, jika warga masih belum berani menyampaikannya secara langsung, dapat mengakses aplikasi Wargaku dan menyampaikan keluhannya di sana.

Di samping itu, Kadis Kominfo juga menginformasikan bahwa salah satu indikator evaluasi yakni mengenai ada atau tidaknya informasi transparasi yang dibuka kepada masyarakat. Ia mencontohkan, masyarakat dapat mengetahui penyerapan anggaran yang terdapat di instansi yang dipimpinnya, seperti jumlah dana atas kegiatan yang dilakukan.

“Bila tidak dibuka, itu bisa jadi salah satu indikator kinerja kami, baik di kelurahan maupun di kecamatan,” ujarnya.

Ia mengatakan, kinerja semua ASN Pemkot Surabaya dievaluasi secara berkala yang tercantum dalam kontrak kerja kepada Wali Kota Surabaya. Dalam kontrak kerja tersebut juga dicantumkan program kerja sekaligus kesiapan mundur dari jabatan bila tidak tercapai.

“Bila kita tidak bisa melaksanakan ini, berarti kan kita tahu, bahwa kita tidak mampu mencapai target, mengoutputkan yang kemudian menjadi program kami, siap dirotasi tentunya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya merotasi dan melantik 320 pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawasan dan fungsional di lingkungan Pemkot Surabaya di Graha Sawunggaling, Rabu (12/10/2022).(rum/dfn/ipg)

Berita Terkait

Eri Cahyadi Rotasi 320 Pejabat Pemkot Surabaya


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs