Selasa, 4 Oktober 2022

Kirab di Istana Kepresidenan Jadi Pembuka Peringatan HUT ke-77 RI

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Peserta upacara memakai baju adat memasuki area Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/8/2022). Foto: Farid suarasurabaya.net

Pada peringatan ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia, tanggal 17 Agustus 2022, Istana Kepresidenan kembali menyelenggarakan kirab atau arak-arakan Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih, dan Naskah Proklamasi, dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Merdeka.

Jarak dari Monas ke Istana Merdeka tidak seberapa jauh, sekitar 500 meter.

Kirab yang jadi penanda dimulainya rangkaian acara Peringatan Detik-detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera Sang Merah Putih dilaksanakan pukul 08.00 WIB.

Nantinya, Bendera Sang Saka Merah Putih dengan Naskah Proklamasi yang ditulis tangan dan dibacakan Ir.Soekarno tanggal 17 Agustus 1945, akan diturunkan dari mimbar utama Istana Merdeka.

Tapi, Bendera Pusaka tidak akan dikibarkan, begitu juga dengan Naskah Proklamasi yang selalu disimpan dalam kotak khusus dan tidak bisa disentuh.

Untuk menjaga kondisinya, kedua benda bersejarah yang dipinjam dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) tersebut, disimpan di tempat khusus di Istana Merdeka.

Berdasarkan pantauan suarasurabaya.net di lokasi, para peserta upacara dan undangan dari berbagai kalangan sudah hadir dan berada di tempat yang ditentukan.

Peserta upacara, baik yang hadir di halaman Istana Merdeka, di area Monas, serta yang mengikuti secara virtual juga dihibur lantunan lagu-lagu nasional yang dimainkan kelompok orkestra Gita Bahana Nusantara.

Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden mengatakan, pihak Istana menyediakan dua ribu undangan untuk masyarakat umum agar dapat mengikuti upacara pengibaran bendera pagi hari

Kemudian, ada tiga ribu undangan buat masyarakat umum yang ingin menyaksikan upacara penurunan bendera sore hari.

Masyarakat yang tidak kebagian undangan bisa menyaksikan rangkaian acara ulang tahun Kemerdekaan Indonesia lewat tayangan virtual.

Khusus untuk masyarakat yang hadir di Istana Merdeka termasuk wartawan yang meliput langsung rangkaian acara, dianjurkan untuk memakai baju tradisional daerah.

Kepala Sekretariat Presiden menjelaskan, konsep peringatan ke-77 tahun Kemerdekaan Indonesia di Istana adalah menggali sejarah dan kebudayaan Indonesia.

Kejayaan berbagai kerajaan di Nusantara pada masa lalu juga menjadi inspirasi.

Sekadar informasi, tahun ini Pemerintah mengusung tema ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’. Tema itu merupakan simbol optimisme dan semangat membangun masa depan sesudah melewati pandemi Covid-19. (rid/des/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Selasa, 4 Oktober 2022
27o
Kurs