Jumat, 29 Maret 2024

KPK Diduga Geledah Ruang Gubernur Jatim

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Petugas KPK menggeledah ruang kerja Gubernur Jatim. Mereka keluar dari pintu belakang ruang Gubernur Jatim sekitar pukul 17.30 WIB, Rabu (21/12/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diduga menggeledah ruang Gubernur Jatim pada Rabu (21/12/2022) sore.

Tiga orang petugas KPK terlihat keluar dari ruangan itu sekitar pukul 17.30 WIB.

Pantauan suarasurabaya.net, terlihat beberapa petugas KPK mondar-mandir ruangan. Mulai dari ruangan  Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jatim, hingga ruangan Gubernur, dan Wakil Gubernur Jatim.

Tepat pukul 17.30 WIB, tiga orang diduga penyidik KPK, satu di antaranya memakai rompi KPK keluar dari pintu belakang ruang Gubernur Jatim.

Tapi tidak ada satu informasi pun yang diungkap mereka. Ketiga petugas langsung masuk ke ruang Sekretaris Daerah Provinsi Jatim.

Tidak berselang lama, sekitar pukul 17.41 WIB, total sekitar lima petugas, tiga di antaranya yang baru masuk, nampak keluar. Mayoritas mereka memakai rompi KPK.

“Salat, salat,” ujar salah satunya ke awak media yang menunggu di depan ruangan sambil terus berjalan.

Mereka berlanjut masuk ke ruang Wakil Gubernur Jatim. Hingga pukul 17.50 WIB belum keluar.

Sebelum sejumlah petugas keluar dari ruang Gubernur Jatim, Adhy Karyono Sekretaris Daerah Provinsi Jatim membenarkan kedatangan KPK.

Dia tidak menampik, penggeledahan KPK berkaitan dengan Sahat Tua Simanjuntak Wakil Ketua DPRD Jatim yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) beberapa hari lalu karena diduga menerima suap pengelolaan dana hibah.

Ada sejumlah orang diperiksa, tapi Adhy enggan menyebut apakah itu staf Pemprov Jatim.

“Ya pasti ada hubungannya (dengan OTT Wakil Ketua DPRD Jatim). Mereka dimintai jadi (memberi) keterangan, untuk perencanaannya, anggaran yang digunakan, itu saja paling,” kata Adhy.

Dia memastikan, dirinya tidak ikut diperiksa. Ia hanya dimintai izin, ruangannya dipakai KPK.

“Saya nggak ditanya. Ruangan saya diminta, sekretariat, untuk mereka. Dimintai izin ruangan saja, ya silakan. Saya nggak tahu (berapa orang yang diperiksa), nggak lihat,” papar Adhy dikonfirmasi awak media.

Hingga berita ini ditayangkan belum ada konfirmasi resmi benar tidaknya kedatangan KPK di sejumlah ruang pimpinan Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu untuk penggeledahan.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs