Jumat, 29 Maret 2024

KRI Bima Suci Tiba di Surabaya Usai Menyelesaikan Misi Diplomasi Selama 91 Hari

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
KRI Bima Suci, pada Selasa (18/10/2022) tiba di Dermaga Madura Ujung Surabaya. Foto: Kominfo Jatim

Setelah menyelesaikan misi diplomasi muhibah duta bangsa selama 91 hari, Kapal Latih TNI Angkatan Laut jenis Barque, KRI Bima Suci pada Selasa (18/10/2022) tiba di Dermaga Madura Ujung Surabaya.

Kedatangan Muhibah yang juga dalam rangka mendukung latihan praktek pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) Taruna AAL Angkatan Ke-69 ini disambut Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat Pangkoarmada II.

Pelayaran yang membawa 208 orang terdiri dari 92 orang ABK, 102 orang Taruna AAL dan 14 orang staf latihan ini, telah menempuh perjalanan sejauh 11.122 Nm (nautical mile) selama 91 hari, dengan rute pelayaran Surabaya – Jakarta – Singapura – Sabah (Malaysia) – Tual – Townsville (Australia) – Sydney (Australia) – Cairns (Australia) – Darwin (Australia) – Bali – Surabaya.

Selama mengikuti misi diplomasi, KRI yang dibuat di Galangan Kapal Freire Shipyard Vigo Spanyol pada 2016 ini, telah melaksanakan berbagai kegiatan di antaranya Courtesy Call ke beberapa Pejabat dan Instansi Pemerintah setempat, Cocktail Party, melaksanakan program Ship Rider (Royal Australian Navy Cadet dan Officer Onboard), Kirab serta Display Genderang Suling (GS) Gita Jala Taruna AAL.

Dalam sambutanya, Pangkoarmada II menyampaikan, pelayaran ini untuk membentuk karakter prajurit matra laut dan mental kejuangan para Taruna AAL sebagai calon perwira TNI Angkatan Laut yang bermoral, disiplin, profesional dan bertanggung jawab, sekaligus mampu menjadi duta negara dalam menjalankan peran diplomasi guna menambah wawasan tentang pergaulan internasional.

Pangkoarmada II mengharapkan, agar setelah pelayaran KJK ini, para Taruna/Taruni AAL Angkatan ke-69 mampu menjelaskan peran, fungsi dan tanggung jawab sesuai korps masing-masing.

“Serta mendapatkan pengalaman bersosialisasi dan mempelajari budaya masyarakat di luar negeri serta memiliki mental kejuangan sebagai calon perwira matra laut dalam kedinasan”, jelasnya, seperti dikutip dari situs Kominfo Jawa Timur.(dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs