Sabtu, 21 Mei 2022

Kronologi dan Penyebab Kebakaran Rumah Makan Soto Cak Har MERR

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kebakaran di rumah makan Soto Ayam Lamongan Cak Har di Jl. Ir. Soekarno, Surabaya pada Rabu (19/1/2022). Foto: Command Center Surabaya

Romi, petugas Command Center Surabaya mengatakan, api yang membakar ruang makan, kasir, dan dapur Rumah Makan Soto Cak Har MERR Surabaya berasal dari kegiatan pengelasan di belakang rumah makan.

“Menurut keterangan dari saksi yang saat itu mengelas di situ, percikan api yang disebabkan oleh alat las, menyambar instalasi listrik bagian belakang Soto Cak Har sehingga terbakar dan merambat ke sebagian atap Soto Cak Har. Saksi sudah berusaha memadamkan menggunakan APAR dan lapor ke PMK,” ujarnya melalui pesan teks ke Radio Suara Surabaya, Rabu (19/1/2022).

Pemadam kebakaran Kota Surabaya menerima berita kebakaran pada pukul 11.30 WIB dan tiba di lokasi pukul 11.34 WIB.

Sebanyak 12 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Masing-masing satu unit dari Pos Sukolilo, Kalirungkut, Mulyorejo, Menur, kemudian dua unit dari Rayon 3 Rungkut, dan enam unit Tim Rescue.

“Unit Tempur Pos Sukolilo yang tiba pertama kali di tempat kejadian kebakaran langsung melakukan pemadaman dan membuka semua ventilasi udara untuk mengeluarkan asap. Api pokok padam pukul 11.40 WIB,” kata Romi.

Pada pukul 12.00 WIB, pembasahan selesai dan lokasi dinyatakan sudah kondusif. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.(iss)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 21 Mei 2022
28o
Kurs